HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI RISIKO LINGKUNGAN DENGAN PERILAKU PRO-LINGKUNGAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Kisti Nurhayati, 1511416009 (2020) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI RISIKO LINGKUNGAN DENGAN PERILAKU PRO-LINGKUNGAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI RISIKO LINGKUNGAN DENGAN PERILAKU PRO-LINGKUNGAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG] PDF (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI RISIKO LINGKUNGAN DENGAN PERILAKU PRO-LINGKUNGAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini, berbagai kerusakan lingkungan terus terjadi bahkan semakin memburuk seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi. Berbagai kerusakan lingkungan terjadi karena masih kurangnya perilaku pro-lingkungan yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk mengatasi permasalahan lingkungan, salah satunya melalui penerapan universitas konservasi. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang peneliti lakukan di Universitas Negeri Semarang sebagai universitas konservasi, peneliti menemukan masih kurang diterapkannya perilaku pro-lingkungan oleh mahasiswa. Adapun salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku pro-lingkungan adalah persepsi risiko lingkungan. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara persepsi risiko lingkungan dan perilaku pro-lingkungan pada mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Sampel dalam penelitian berjumlah 345 mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik multiple-stage cluster random sampling. Data penelitian diambil menggunakan dua skala, yaitu skala perilaku pro-lingkungan yang terdiri dari 27 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,896 dan skala persepsi risiko lingkungan yang terdiri dari 29 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,911. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian yaitu uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi risiko lingkungan dan perilaku pro-lingkungan pada mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 (p < 0,05) dengan nilai koefisien korelasi yang positif sebesar 0,172. Dengan demikian hipotesis penelitian diterima yaitu terdapat hubungan positif antara persepsi risiko lingkungan dan perilaku pro-lingkungan pada mahasiswa Universitas Negeri Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Risiko Lingkungan, Perilaku Pro-Lingkungan, Mahasiswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 09 Sep 2021 03:12
Last Modified: 09 Sep 2021 03:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45827

Actions (login required)

View Item View Item