KORELASI PERSEPSI DAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA PADA PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PAIKEM


Rofiatun Najah, 4301416010 (2020) KORELASI PERSEPSI DAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA PADA PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PAIKEM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KORELASI PERSEPSI DAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA PADA PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PAIKEM] PDF (KORELASI PERSEPSI DAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA PADA PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PAIKEM) - Published Version
Download (7MB)

Abstract

Kemampuan metakognitif adalah salah satu kemampuan siswa yang dibutuhkan dalam kurikulum 2013. Studi literatur menunjukkan model pembelajaran yang dapat berpengaruh terhadap kemampuan metakognitif yaitu project based learning (PjBL) dengan PAIKEM. Penelitian ini diarahkan untuk menjelaskan keterkaitan persepsi kemampuan metakognitif dan skor kemampuan metakognitif siswa pada pembelajaran kimia. Rumusan masalah dalam penelitian adalah: 1) bagaimana persepsi diri siswa pada kemampuan metakognitifnya setelah penerapan model pembelajaran PjBL dengan PAIKEM, 2) bagaimana skor hasil tes kemampuan metakognitif setelah penerapan model pembelajaran PjBL dengan PAIKEM, 3) bagaimana hubungan antara kedua variabel tersebut. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 45 siswa berasal dari kelas X IPA 1 dan X IPA 2 MA Al Asror Semarang yang diambil dengan teknik representatif. Data penelitian berupa persepsi kemampuan metakognitif dan skor kemampuan metakognitif siswa. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif dan analisis korelasional berbantuan software IBM SPSS versi 22.0. Hasil analisis menunjukkan rata-rata persepsi kemampuan metakognitif siswa sebesar 79,22 (level tinggi), dan rata-rata skor kemampuan metakognitif siswa sebesar 60,29 (level sedang). Analisis hubungan antara persepsi diri siswa dengan skor kemampuan metakognitif menghasilkan indeks korelasi uji Spearman’s rho secara signifikan sebesar 0,301 (level sedang). Sebagai pelengkap penelitian, pengukuran respon siswa pada penerapan model PjBL dengan PAIKEM diperoleh rata-rata 39,71 (respon berkategori baik).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan metakognitif, Project Based Learning, PAIKEM.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 09 Sep 2021 03:07
Last Modified: 09 Sep 2021 03:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45824

Actions (login required)

View Item View Item