PENGARUH E-LEARNING, FASILITAS BELAJAR, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (UNNES)


Firda Aghnia Putri, NIM 7101416229 (2020) PENGARUH E-LEARNING, FASILITAS BELAJAR, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (UNNES). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH E-LEARNING, FASILITAS BELAJAR, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (UNNES)] PDF (PENGARUH E-LEARNING, FASILITAS BELAJAR, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (UNNES)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan sebagai kegiatan yang bersifat pemberian jasa merupakan suatu hal yang harus diperhatikan organisasi. Suatu pelayanan yang baik akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh e-learning, fasilitas belajar, budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan akademik di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sampel dalam penelitian ini yaitu 362 responden dan 3.773 orang sebagai populasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Probability Sampling. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Berdasarkan penelitian yang dilakukan hasil penelitian menunjukkan bahwa e-learning, fasilitas belajar, dan budaya organisasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan akademik Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang sebesar 60,2%. Sedangkan secara parsial variabel elearning sebesar 20,0704%, fasilitas belajar sebesar 16,5649%, dan budaya organisasi sebesar 13,0321%. Teknik analisis data menggunakan persentase analisis deskriptif, analisis regresi berganda, analisis asumsi klasik dan analisis pengujian hipotesis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan elearning, fasilitas belajar dan budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan akademik Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang secara simultan dan parsial. Saran dalam penelitian ini adalah petugas pelayanan harus lebih memaksimalkan kembali pelayanannya serta lebih memperhatikan kembali SOP yang di terapkan dengan cara berpakaian yang rapi saat di dalam ruangan maupun di luar ruangan, membantu kesulitan mahasiswa dengan senang hati dan tersenyum saat sedang melayani. Dengan begitu akan membuat mahasiswa puas akan pelayanan yang diberikan serta mendapatkan penilaian yang positif bagi siapa saja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: E-learning, Fasilitas Belajar, Budaya Organisasi, Kualitas Pelayanan Akademik
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 09 Sep 2021 03:04
Last Modified: 09 Sep 2021 03:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45823

Actions (login required)

View Item View Item