DAMPAK PEMBEBASAN LAHAN UNTUK PEMBANGUNAN BENDUNGAN GONDANG TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI RUMAH TANGGA PADA DESA TERDAMPAK LANGSUNG DI KABUPATEN KARANGANYAR


Kabut Naryanto, 3211415039 (2020) DAMPAK PEMBEBASAN LAHAN UNTUK PEMBANGUNAN BENDUNGAN GONDANG TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI RUMAH TANGGA PADA DESA TERDAMPAK LANGSUNG DI KABUPATEN KARANGANYAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI KABUT NARYANTO - Kabut Naryanto.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembebasan lahan pembangunan Bendungan Gondang terdiri dari 73,87 ha perkebunan karet milik PTPN IX, lahan milik rumah tangga seluas 38,67 ha dan 5,71 ha tanah fasilitas umum. Proses pembebasan lahan mendatangkan masalah baru berupa ganti kerugian atau keuntungan dari pembelian lahan dari proyek dan masalah pergeseran pekerjaan yang dialami rumah tangga terdampak. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis nilai jual dari pembebasan lahan dalam pembangunan Bendungan Gondang bagi rumah tangga. (2) Menganalisis pergeseran pekerjaan setelah pembangunan Bendungan Gondang. (3) Menganalisis kondisi ekonomi rumah tangga setelah pembangunan Bendungan Gondang. (4) Menganalisis status sosial rumah tangga setelah pembangunan Bendungan Gondang Metode pengumpulan sampel yang di gunakan adalah proporsional purposive sampling. Responden penelitian ini adalah rumah tangga yang lahannya terkena dampak pembebasan lahan akibat pembangunan Bendungan Gondang dengan jumlah sampel 68 rumah tangga. Variabel penelitian ini ada 4 yaitu nilai jual dari pembebasan lahan, pergeseran pekerjaan, kondisi ekonomi rumah tangga, dan status sosial rumah tangga. Teknik analisis data menggunakan analisis perbandingan dan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan nilai jual dari pembebasan lahan rumah tangga diuntungkan dalam hal finalsial. Rumah tangga memanfaatkan ganti untung dengan membeli lahan pertanian, membeli lahan non pertanian/investasi, dan membeli barang konsumtif. Di desa terdampak terjadi pergeseran pekerjaan diakibatkan oleh hilangnya mata pencaharian awal rumah tangga dan pindahnya rumah masyarakat yang lahan rumahnya terkena dampak pembebasan lahan. Kondisi ekonomi masyarakt mengalami peningkatan dalam jumlah pendapatan, dan status sosial meningkat dalam kekayaan serta keadaan tempat tinggal menjadi lebih baik. Simpulan dari penelitian adalah rumah tangga merasa diuntungkan dengan adanya pembebasan lahan. Rumah tangga mengalami pergeseran pekerjaan setelah pembebasan lahan. Kondisi sosial ekonomi rumah tangga meningkat setelah pembangunan Bendungan Gondang. Rumah tangga harus lebih bisa memanfaatkan momentum yang ada saat ini, sehingga dapat berdampak positif untuk kehidupan yang akan datang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembebasan Lahan, Pembangunan Bendungan, Sosial, Ekonomi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Sep 2021 02:58
Last Modified: 09 Sep 2021 02:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45822

Actions (login required)

View Item View Item