PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM SIKAP DEMOKRATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN KEPANDEAN 03 KABUPATEN TEGAL


Khaerina Nisa Aghnia, 1401416455 (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM SIKAP DEMOKRATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN KEPANDEAN 03 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM SIKAP DEMOKRATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN KEPANDEAN 03 KABUPATEN TEGAL] PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM SIKAP DEMOKRATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN KEPANDEAN 03 KABUPATEN TEGAL)
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran di dalam kelas diperlukan sebuah interaksi antara pendidik dan siswa yang aktif dan mampu mengembangkan potensinya. Kenyataannya di lapangan menunjukkan hal yang berbeda, beberapa siswa tampak pasif dalam pembelajaran lantaran pendidik hanya menggunakan model konvensional. Penerapan model think pair share dilakukan agar pembelajaran lebih efektif dan variatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan model think pair share dibandingkan dengan model konvensional pada tema 7 subtema 2 siswa kelas V di SDN Kepandean O3 Kabupaten Tegal. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji persyaratan analisis meliputi normalitas, homogenitas. Analisis akhir atau pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t yaitu Independent samples t-test dan uji pihak kanan one sample t-test. Semua perhitungan menggunakan program SPSS versi 23. Populasi dalam penelitan ini berjumlah 67 siswa yang terdiri dari 33 siswa kelas eksperimen dan 34 siswa kelas kontrol SDN Kepandean 03 Kabupaten Tegal. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Pengujian hipotesis pertama (uji perbedaan) menggunakan rumus independent samples t-test data sikap demokratis siswa diperoleh ℎ > (2,350 > 1,997) dan hasil belajar diperoleh ℎ > (2,328 > 1,997). Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan sikap demokratis dan hasil belajar berbasis model pembelajaran think pair share antara kelas eksperimen dan kontrol. Hipotesis kedua (uji keefektifan) menggunakan one sample t-test data sikap demokratis diperoleh ℎ > tabel (3,571 > 2,037) dan data hasil belajar diperoleh nilai thitung > ttabel (3,119 > 2,037). Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran think pair share efektif dalam sikap demokratis dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kepandean 03 Kabupaten Tegal. Guru hendaknya mulai menerapkan model pembelajaran think pair share dalam pembelajaran. Hal ini didasarkan pada hasil penelitian dimana model pembelajaran think pair share efektif terhadap sikap demokrasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Sikap Demokratis, Think Pair Share
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 09 Sep 2021 02:58
Last Modified: 09 Sep 2021 02:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45821

Actions (login required)

View Item View Item