PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS INKUIRI PADA MUATAN PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN PAYANG 03 PATI


ISNA HIDAYANINGSIH, 1401416116 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS INKUIRI PADA MUATAN PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN PAYANG 03 PATI. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS INKUIRI PADA MUATAN PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN PAYANG 03 PATI] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS INKUIRI PADA MUATAN PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN PAYANG 03 PATI)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data hasil pra-penelitian melalui observasi dan wawancara di kelas IV SDN Payang 03 Pati ditemukan permasalahan pembelajaran IPA yaitu belum optimal media pembelajaran pada pembelajaran IPA, masih sebatas buku guru dan buku siswa. Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar IPA memiliki rata-rata rendah dan minat belajar siswa rendah. Sehingga perlu dikembangkan media pembelajaran yang inovatif pada pembelajaran, khususnya pada muatan pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kelayakan media komik pada muatan pembelajaran IPA kelas IV SDN Payang 03 Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D (Research and Development) menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang terdiri dari beberapa tahap, meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain dan revisi desain. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Payang 03. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara,angket,dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) media komik berbasis model inkuiri sesuai kebutuhan guru dan siswa; (2) kelayakan mdia komik dilihat dari penilaian ahli materi sebesar 83% (sangat layak), ahli media sebesar 94% (sangat layak). Jadi kesimpulannya media komik yang dikembangkan, layak digunakan dalam pembelajaran IPA kelas IV SDN Payang 03. Saran dalam penelitian yaitu media komik pada pembelajaran IPA materi gaya dan gerak dapat digunakan sebagai media pembelajaran alternatif di sekolah, dan meningkatkan kemampuan berinovasi guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri, Mata pembelajaran IPA, Media Komik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 09 Sep 2021 02:50
Last Modified: 09 Sep 2021 02:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45819

Actions (login required)

View Item View Item