PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS IV SDN TAMBANGAN 01 MIJEN KOTA SEMARANG


Ismi Zakiyah, 1401416036 (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS IV SDN TAMBANGAN 01 MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS IV SDN TAMBANGAN 01 MIJEN KOTA SEMARANG] PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS IV SDN TAMBANGAN 01 MIJEN KOTA SEMARANG)
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

IPS merupakan muatan pelajaran yang dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat termasuk membina karakter siswa sebagai bekal untuk menjadi pribadi yang baik dalam memasuki kehidupan masyarakat yang dinamis sehingga berguna bagi bangsa dan negara. Latar belakang penelitian ini ialah belum adanya bahan ajar pendukung pada pembelajaran IPS sehingga menyebabkan masih rendahnya hasil belajar muatan IPS siswa kelas IV B SDN Tambangan 01 Mijen Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa bahan ajar berbasis karakter untuk meningkatkan hasil belajar muatan IPS siswa kelas IV B. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development oleh sugiyono. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SDN Tambangan 01 Mijen Kota Semarang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik non tes berupa angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal uji normalitas dan analisis data akhir dengan uji-t dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis karakter sangat layak berdasarkan presentase penilaian dari ahli media sebesar 91,7%, ahli materi sebesar 95% dan ahli bahasa sebesar 96,42%. Uji peningkatan rata-rata hasil belajar pretest dan posttest siswa sebesar 0,49 dengan kategori sedang dan hasil uji t diperoleh thitung 18,118 lebih besar dari ttabel 2,032 maka bahan ajar berbasis karakter efektif digunakan dalam pembelajaran IPS. Simpulan dari penelitian ini adalah bahan ajar berbasis karakter layak dan efektif untuk digunakan pada pembelajaran IPS materi keberagaman di Indonesia untuk kelas IV. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu bahan ajar berbasis karakter dapat digunakan sebagai bahan ajar alternatif pada muatan pelajaran lainnya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar; IPS; karakter
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 09 Sep 2021 02:42
Last Modified: 09 Sep 2021 02:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45818

Actions (login required)

View Item View Item