KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN KEPANDEAN 03 KABUPATEN TEGAL


Herlinda Hidayanti, 1401416209 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN KEPANDEAN 03 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN KEPANDEAN 03 KABUPATEN TEGAL] PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN KEPANDEAN 03 KABUPATEN TEGAL)
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu faktor internal yang memengaruhi hasil belajar siswa adalah minat belajar. Guru sebagai sumber belajar utama di sekolah perlu berupaya untuk membangkitkan minat belajar siswa terhadap pembelajaran yang berlangsung. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan cara mengemas dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang menarik serta bermakna. Proses pembelajaran yang demikian dapat diciptakan dengan menerapkan salah satu model pembelajaran, yaitu model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini difokuskan pada Tema 8 Subtema 2 yang terdapat pada kelas V. Pemilihan materi didasarkan pada kriteria khusus dalam menetapkan dan mempraktekkan model PBL, yaitu materi pelajaran harus mengandung isu-isu yang di dalamnya terdapat konflik yang bisa bersumber dari berita, rekaman, video, dan sebagainya. Karakteristik yang akan diteliti yaitu minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menekankan pada model PBL terhadap Subtema Perubahan Lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model Problem Based Learning (PBL) dibandingkan dengan model konvensional ditinjau dari minat dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kepandean 03. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kepandean 03 Kabupaten Tegal berjumlah 67 siswa terdiri dari dua kelas, yaitu 33 siswa kelas VA dan 34 siswa kelas VB. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel pada penelitian ini yaitu semua anggota populasi. Kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan rumus Independent Samples T Test untuk data minat belajar diperoleh thitung > ttabel (2,129 > 1,997) dan untuk data hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (2,042 > 1,997). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan minat dan hasil belajar antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perhitungan menggunakan rumus empiris diperoleh nilai rata-rata minat belajar kelas eksperimen > kelas kontrol (94,85 > 90,27) dan diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen > kelas kontrol (77,88 > 71,27), sehingga dapat disimpulkan bahwa minat dan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Minat Belajar, Model Problem Based Learning (PBL).
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 09 Sep 2021 02:08
Last Modified: 09 Sep 2021 02:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45808

Actions (login required)

View Item View Item