PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS NONFIKSI PADA SISWA KELAS IV SDN GISIKDRONO 03 KOTA SEMARANG


Hayuning Tyas Ningrum, 1401416340 (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS NONFIKSI PADA SISWA KELAS IV SDN GISIKDRONO 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS NONFIKSI PADA SISWA KELAS IV SDN GISIKDRONO 03 KOTA SEMARANG] PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS NONFIKSI PADA SISWA KELAS IV SDN GISIKDRONO 03 KOTA SEMARANG)
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, wawancara dengan guru kelas dan data hasil belajar siswa di kelas IV A pada SD Gisikdrono 03, diperoleh beberapa masalah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Dalam pembelajaran guru kurang optimal dalam penyediaan bahan ajar. Pada pembelajaran Bahasa Indonesia peneliti menemukan siswa kesulitan dalam menemukan gagasan utama pada suatu bacaan. Sehingga diperlukan pengembangan bahan ajar elektronik. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar elektronik, menguji kelayakan bahan ajar elektronik, dan menguji keefektifan bahan ajar elektronik. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model Borg dan Gall dengan langkah-langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk dan uji coba pemakaian. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 2 sampai 14 Maret 2020 pada semester genap, di SDN Gisikdrono 03 yang beralamat di Jl Taman Sri Rejeki Timur 1, Semarang. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Gisikdrono 03 dengan rincian 25 siswa kelas IV A, 20 siswa kelas IV B dan dua guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data awal dan uji t-test. Variabel penelitian ini adalah bahan ajar elektronik dan keterampilan membaca teks nonfiksi. Produk penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar elektronik interaktif berdasarkan penilaian ahli media dengan persentase 90,62% dengan kategori sangat layak dan ahli materi 79,16% dengan kategori layak. Bahan ajar elektronik interaktif terbukti efektif dibuktikan dengan uji peningkatan rata-rata hasil belajar pretest dan posttest siswa sebesar 0,25 dan dari hasil uji T didapatkan hasil thitung > ttabel yaitu 5,656 > 2,063. Simpulan dari penelitian ini adalah bahan ajar elektronik interaktif layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas IV. Saran penelitian ini adalah bahan ajar elektronik interaktif dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan sebagai media pembelajaran, variasi teknik pembuatan bahan ajar elektronik interaktif serta uji keefektifan bahan ajar elektronik interaktif dapat diteliti lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar elektronik interaktif; keterampilan membaca; teks nonfiksi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 09 Sep 2021 02:04
Last Modified: 09 Sep 2021 02:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45806

Actions (login required)

View Item View Item