ANALISIS MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN SD NEGERI 1 PANICAN KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA


Hanun Lutfi Damayanti, 1401416371 (2020) ANALISIS MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN SD NEGERI 1 PANICAN KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN SD NEGERI 1 PANICAN KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA] PDF (ANALISIS MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN SD NEGERI 1 PANICAN KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu komponen yang penting dalam menunjang kegiatan pembelajaran. Begitu pentingnya sarana dan prasarana sehingga setiap sekolah berusaha untuk memenuhi standar sarana dan prasarana beserta kegiatan pengelolaannya. Namun, yang terjadi di SD Negeri 1 Panican dalam kegiatan pemeliharaan media pembelajaran belum dilakukan secara rutin. Selain itu, pengelolaan perpustakaan tidak berjalan sebagaimana mestinya karena terdapat kekosongan pengelola perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses manajemen sarana dan prasarana pendidikan di SD Negeri 1 Panican. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, pengelola sarana dan prasarana pendidikan, bendahara sekolah, guru kelas dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, angket, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji transferbilitas, dan uji komfirmabilitas. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan perencanaan dalam kategori baik, dengan dilakukan pada awal tahun membentuk tim pengembang sekolah dalam hal sarana dan prasarana pendidikan. Kegiatan pengadaan dalam kategori baik, dilakukan dengan melakukan pembelian melalui rekanan/toko. Kegiatan inventarisasi dalam kategori baik, dilakukan dengan mencatat sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah. Kegiatan pemeliharaan dalam kategori baik, dilakukan dengan pemeliharaan sehari-hari dan pemeliharaan jangka panjang. Kegiatan penghapusan dalam kategori cukup, karena dalam pelaksanaan kegiatan penghapusan belum terdapat bukti yang jelas mengenai berita acara penghapusan yang pernah dilakukan. Simpulan dalam penelitian ini bahwa secara keseluruhan SD Negeri 1 Panican sudah melaksanakan kegiatan manajemen sarana dan prasarana dengan baik. Saran untuk sekolah hendaknya segera mencari sumber daya manusia yang kompeten dalam bidang kepustakaan dengan tujuan agar tercipta keberhasilan pengelolaan perpustakaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Sarana Pendidikan, Prasarana Pendidikan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 09 Sep 2021 01:58
Last Modified: 09 Sep 2021 01:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45803

Actions (login required)

View Item View Item