PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT-NONELEKTROLIT


Riska Setiyoningtyas, 4301416048 (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT-NONELEKTROLIT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT-NONELEKTROLIT] PDF (PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT-NONELEKTROLIT) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan pembelajaran online dalam masa pandemi covid-19 sepanjang tahun 2020, sangat membantu pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes berbasis literasi sains berbantuan aplikasi Quizizz yang layak, valid, reliabel, serta dapat menjenjangkan kemampuan literasi sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan desain model 4-D (define, design, develop, dissemination) menggunakan subjek 100 siswa di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Kudus. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen tes berupa soal literasi sains dan instrumen non tes berupa lembar validasi dan angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan korelasi product moment dan KR-21. Hasil penelitian diperoleh sebanyak 35 butir soal pilihan ganda instrumen tes berbasis literasi sains dengan skor validitas isi 47 dan validitas konstruk 0,449, dan reliabilitas akhir 0,886. Media Quizizz yang dikembangkan dinyatakan layak dan praktis oleh ahli dengan skor 51, melalui angket tanggapan siswa dengan skor 33, dan angket tanggapan guru dengan skor 40. Profil kemampuan literasi siswa kelas X di lokasi penelitian yaitu 50,16% pada aspek konteks, 58,46% pada aspek pengetahuan, 53,36% pada aspek kompetensi, dan 57,14% pada aspek sikap. Berdasarkan hasil penelitian, instrumen tes literasi sains berbantuan aplikasi Quizizz yang dikembangkan layak, praktis, efektif, dan mendapatkan respon positif dari siswa dan guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan instrumen tes, literasi sains, Quizizz, larutan elektrolit-nonelektrolit
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 09 Sep 2021 01:56
Last Modified: 09 Sep 2021 01:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45802

Actions (login required)

View Item View Item