VALIDASI MODUL PELATIHAN PICAYO UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN TERHADAP AHLI KESEHATAN MENTAL PADA REMAJA


Friska Ulfalia Fipti, 1511416016 (2020) VALIDASI MODUL PELATIHAN PICAYO UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN TERHADAP AHLI KESEHATAN MENTAL PADA REMAJA. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of VALIDASI MODUL PELATIHAN PICAYO UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN TERHADAP AHLI KESEHATAN MENTAL PADA REMAJA] PDF (VALIDASI MODUL PELATIHAN PICAYO UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN TERHADAP AHLI KESEHATAN MENTAL PADA REMAJA)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Belum banyaknya media pelatihan yang digunakan sebagai sumber informasi terhadap ahli kesehatan mental yang tervalidasi secara konten dan fungsional pada remaja menyebabkan rendahnya tingkat kepercayaan terhadap ahli kesehatan mental pada remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas modul pelatihan picayo untuk meningkatkan kepercayaan terhadap ahli kesehatan mental. Pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen kuasi Nonrandomized Pretest-Postest Control Group Desaign dipilih pada penelitian ini. Siswa SMA Negeri 12 Semarang yang memiliki kategori kepercayaan terhadap ahli kesehatan mental yang mempunya skor rendah dipilih sebagai subjek penelitian. Subjek terbagi menjadi kelompok eksperimen (12 orang) dan kelompok kontrol (14 orang). Instrumen yang digunakan adalah skala kepercayaan terhadap ahli kesehatan mental. Validasi dilakukan melalui uji validitas isi dan validitas fungsional. Teknik Aiken’s V digunakan untuk memperoleh validitas isi. Hasil yang didapatkan dari uji validitas isi berkisar antara 0,725 sampai dengan 0,90 dengan arti bahwa modul pelatihan picayo memiliki kategori valid sedang hingga sangat valid. Validitas fungsional diperoleh melalui uji empirik dengan metode eksperimen. Data hasil penelitian kemudian diolah menggunakan teknik Mann Whitney U Test dengan bantuan software pengolah data. Hasil uji validitas fungsional menunjukkan terdapat perbedaan skor pretest dan posttest pada kelompok eksperimen, dengan hasil uji beda sebesar -3,96 dengan signifikansi 0,000 (p<0,05). Didapatkan pula hasil skor posttest pada kelompok eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan kelompok kontrol, dengan hasil uji beda -4,102 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,05). Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa modul pelatihan picayo valid untuk meningkatkan kepercayaan terhadap ahli kesehatan mental pada remaja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: validasi modul, ahli kesehatan mental, kepercayaan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 09 Sep 2021 01:54
Last Modified: 09 Sep 2021 01:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45801

Actions (login required)

View Item View Item