Partisipasi Kelompok Petani Dalam Usaha Konservasi Tanah Di Desa Medini Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus.

Hendro Ari W, 3250401001 (2005) Partisipasi Kelompok Petani Dalam Usaha Konservasi Tanah Di Desa Medini Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Partisipasi Kelompok Petani Dalam Usaha Konservasi Tanah Di Desa Medini Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus.) - Published Version
Download (481Kb)

    Abstract

    Dalam rangka memelihara kelestarian lingkungan, termasuk di dalamnya konservasi tanah, maka memerlukan dukungan dari pelbagai pihak, disamping peranan segenap lembaga swadaya masyarakat yang berkaitan dengan pengelolaan lingkungan juga sangat diharapkan peran serta masyarakat. Keberhasilan usaha konservasi tanah, yang merupakan bagian dari kegiatan pelestarian lingkungan lebih banyak tergantung pada peran serta dari subyek pelaksana kegiatan tersebut, yaitu petani. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sejauh mana partisipasi kelompok petani dalam usaha konservasi tanah dan pengaruhnya terhadap konservasi tanah di Desa Medini Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi yang dilakukan kelompok petani terhadap usaha konservasi tanah di Desa Medini Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus dan mengetahui usaha konservasi tanah yang dilakukan kelompok petani terhadap hasil panen di Desa Medini Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Sedangkan populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh anggota kelompok petani di Desa Medini Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus yang terdiri dari 3 kelompok tani yaitu Kelompok Petani kayu Urip dengan jumlah anggota 13 orang, Kelompok Petani Kandang Rejo dengan jumlah anggota 11 orang dan Kelompok Tani Pingkuk Mulyo dengan jumlah anggota 9 orang. Dengan jumlah keseluruhan anggota kelompok petani Desa Medini adalah 33 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kelompok petani di Desa Medini sabagian besar partisipasinya adalah sedang (54.55 %). Tingkat tertinggi partisipasi kelompok petani dalam usaha konservasi tanah adalah kelompok petani Kandang Rejo, sebesar 54,55 %. Kemudian kelompok petani Pingkuk Mulyo, sebesar 33,33 %. Dan kelompok petani Kayu Urip yang hanya 7,69 % tingkat partisipasinya. Dalam kenyataannya di lapangan, kelompok petani di Desa Medini Kecamatan Undaan dalam melaksanakan konservasi tanah sudah menerapkan metode-metode konservasi tanah pada lahan mereka. Antara lain: a. Dalam Metode Vegetatif, kelompok petani melaksanakan konservasi tanah berupa: penanaman tanaman penutup, penanaman dalam strip, penanaman berganda, dan pemakaian mulsa, b. Dalam Metode Mekanik, kelompok petani melaksanakan konservasi tanah berupa: pembuatan teras, saluran pembuangan air, dan pembuatan DAM pengendali, c. Metode Kimia, kelompok petani melakanakan konservasi tanah berupa: pemakaian bahan pemantap tanah (Soil Conditioner). Untuk meningkatkan partisipasi petani dalam mengelola konservasi tanah hendaknya Kelompok petani di Desa Medini Kecamatan Undaan dapat bekerjasama dengan petugas penyuluhan pertanian lapangan (pemerintahan maupun instansi yang terkait) untuk memberikan penyuluhan pertanian kepada petani lain, bahwa pertanian itu tidak lepas dari masalah konservasi tanah, sehingga petani diharapkan bisa menjaga dan merawat lahan pertanian mereka.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Kelompok Petani, Konservasi Tanah
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
    Fakultas: UNSPECIFIED
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 28 Mar 2011 21:47
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:01

    Actions (login required)

    View Item