STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI RUMAH PINTAR BANG JO DI DAERAH PASAR JOHAR KOTA SEMARANG


Mochamad Jami’an, 1601414049 (2020) STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI RUMAH PINTAR BANG JO DI DAERAH PASAR JOHAR KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI RUMAH PINTAR BANG JO DI DAERAH PASAR JOHAR KOTA SEMARANG] PDF (STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI RUMAH PINTAR BANG JO DI DAERAH PASAR JOHAR KOTA SEMARANG)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah strategi pembelajaran Rumah Pintar Bang Jo terhadap pendidikan anak usia dini di wilayah pasar Johar, Kota Semarang. Penelitian mendeskripsikan strategi pembelajaran anak usia dini Rumah Pintar Bang Jo, faktor pendukung, dan faktor penghambat strategi pembelajaran Rumah Pintar Bang Jo. Dalam mengumpulkan data primer, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi secara langsung. Peneliti mewawancarai koordinator Rumah Pintar Bang Jo, relawan, dan orang tua anak dampingan. Selain itu peneliti juga menggunakan data pendukung berupa referensi buku, jurnal, dan literasi lainnya sebagai data sekunder yang mendukung validitas data primer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Peneliti memaparkan data penelitian secara deskriptif sesuai dengan data yang dihasilkan dalam proses pengumpulan data. Kemudian peneliti menganalisis data secara deskriptif yang terdiri dari tiga langkah: Pertama, reduksi data. Kedua, penyajian data. Ketiga, pengambilan kesimpulan. Hasil analisis yang diperoleh ialah strategi pembelajaran anak usia dini di Rumah Pintar Bang Jo meliputi tiga strategi. Pertama, strategi pengorganisasian ini diwujudkan dalam bentuk penyusunan silabus pembelajaran yang menyesuaikan latar belakang anak dampingan. Penyusunan silabus ini memperhatikan urutan penyajian dari materi pembelajaran yang sederhana hingga materi yang rumit. Kedua, Strategi penyampaian Rumah Pintar Bang Jo menggunakan media pembelajaran yang mengasah kreativitas serta merangsang syaraf motorik anak dampingan. Penyampaian semacam ini dianggap lebih bisa dipahami. menggunakan media dengan cara relawan menunjukan media yang sedang di bawa dan menjelaskan apa itu media yang sedang relawan. Kemudian anak di dampingi oleh relawan cara pembuatan media tersebut. sehingga menimbulkan interaksi yang baik antar anak dengan media pembelajaran yang digunakan. Ketiga, Strategi pengelolaan di rumah Pintar Bang Jo bersifat kondisional, tidak memiliki catatan kemajuan pembelajaran, sehingga sulit untuk mengukur perkembangan anak dampingan selama mengikuti pembelajaran di Rumah Pintar Bang Jo. Pengelolaan di Rumah Pintar Bang Jo sangat sederhana akibat adanya keterbatasan dana dan tenaga pendidik di Rumah Pintar Bang Jo.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Anak Usia Dini, Rumah Pintar Bang Jo.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 09 Sep 2021 01:50
Last Modified: 09 Sep 2021 01:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45799

Actions (login required)

View Item View Item