EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMA PADA MATERI KOLOID


Retno Palupi, 4301413081 (2020) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMA PADA MATERI KOLOID. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMA PADA MATERI KOLOID] PDF (EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMA PADA MATERI KOLOID) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data PISA kemampuan literasi sains siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Kurangnya kesadaran siswa terhadap sains dibuktikan dengan kurangnya rasa ingin tahu siswa terhadap pembelajaran. Pembelajaran di sekolah kurang maksimal karena model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran tidak menuntut siswa untuk aktif mencari permasalahan dalam materi sehingga siswa hanya menerima dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan literasi sains siswa SMA pada materi Koloid. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Walisongo Semarang yang berjumlah 30 siswa pada tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pre-eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan literasi sains. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji signufikansi (uji-t), uji N-gain, analisis kemampuan litrasi sains dan angket tanggapan siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai pretest dan posttest literasi sains sebesar 62,8 dan 79,47. Hasil uji-t thitung pada taraf signifikansi 0,05 lebih besar dari ttabel. Hasil N-gain yang diperoleh sebesar 0,46 termasuk kategori sedang. Rata-rata persentase kemampuan literasi sains tiap indikator aspek kompetensi pada indikator mengidentifikasikan pernyataan ilmiah dan menggunakan bukti ilmiah termasuk dalam kriteria sangat baik, sedangkan pada indikator menjelaskan fenomena ilmiah termasuk dalam kriteria baik. Hasil analisis tanggapan siswa menunjukkan respon positif siswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan Problem Based Learning (PBL) pada materi koloid efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning (PBL), kemampuan literasi sains
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 09 Sep 2021 01:49
Last Modified: 09 Sep 2021 01:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45798

Actions (login required)

View Item View Item