EVALUASI KEBIJAKAN PROGRAM REHAB RUMAH TIDAK LAYAK HUNI (RTLH) (Studi Kasus: Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal)


NUR HANIFAH, 33124416034 (2020) EVALUASI KEBIJAKAN PROGRAM REHAB RUMAH TIDAK LAYAK HUNI (RTLH) (Studi Kasus: Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI EVALUASI KEBIJAKAN PROGRAM RTLH_NUR HANIFAH_3312416034 (REVISI SIDANG SKRIPSI 2) - Nur Hanifah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Program Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Tegal digencarkan oleh Bupati Tegal sejak tahun 2014 lalu, Program Daerah Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) yang digencarkan oleh Bupati Tegal, yaitu: Program Jambanisasi dan Program RTLH. Evaluasi Kebijakan Program Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kecamatan Dukuhturi dilakukan untuk mengetahui evaluasi Program Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari segi proses dan hasil di Kecamatan Dukuhturi, serta faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan Program Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kecamatan Dukuhturi. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan evaluasi dari Program Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari segi proses dan hasil di Kecamatan Dukuhturi, serta mengetahui faktor penghambat dan pendukung Program Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kecamatan Dukuhturi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan fokus penelitian Evaluasi Program Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari segi proses dan hasil di Kecamatan Dukuhturi, serta faktor penghambat dan pendukung Program Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kecamatan Dukuhturi dengan judul penelitian skripsi Evaluasi Kebijakan Program Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) (Studi Kasus: Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal). Sumber data diperoleh dengan teknik pengumpulan data berupa pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Evaluasi Program Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) meliputi ketetapan sasaran penerima, proses pelaksanaan Program RTLH sampai evaluasi pelaporan hasil pelaksanaan Program RTLH. (2) Faktor penghambat pelaksanaan Program RTLH dari segi intern yaitu kurangnya SDM yang kompeten dalam pembuatan laporan, sedangkan dari segi ekstern yaitu kurangnya jumlah pekerja bangunan. Faktor pendukung pelaksanaan Program RTLH di Kecamatan Dukuhturi yaitu adanya sistem koordinasi yang baik antara pihak-pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Program RTLH. Saran yang diberikan penulis adalah (1) Pemerintah Kecamatan Dukuhturi lewat Kasi PMD perlu melakukan pelatihan penulisan proposal pengajuan proposal dan laporan pelaksanaan Program RTLH kepada pendamping desa di Kecamatan Dukuhturi, (2) Pemerintah Desa yang ada di Kecamatan Dukuhturi perlu meningkatkan SDM berupa kinerja perangkat desa yang terlibat dalam pelaksanaan Program RTLH, (3) Pemerintah Desa yang ada di Kecamatan Dukuhturi perlu melakukan koordinasi dengan rumah tangga dalam proses pembelian material dan biaya tukang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Kebijakan, Rumah Tidak Layak Huni
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Sep 2021 01:43
Last Modified: 09 Sep 2021 01:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45792

Actions (login required)

View Item View Item