PENGARUH SIKAP, PENDIDIKAN, DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA SISWA SMK PL TARCISIUS 1 SEMARANG


Klara Gendis Puspaningrum, NIM 7101416222 (2020) PENGARUH SIKAP, PENDIDIKAN, DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA SISWA SMK PL TARCISIUS 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH SIKAP, PENDIDIKAN, DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA SISWA SMK PL TARCISIUS 1 SEMARANG] PDF (PENGARUH SIKAP, PENDIDIKAN, DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA SISWA SMK PL TARCISIUS 1 SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Sikap, Pendidikan, Lingkungan Sosial, Intensi Berwirausaha. Intensi berwirausaha yaitu tendensi keinginan individu untuk melakukan tindakan wirausaha dengan menciptakan produk baru melalui peluang bisnis dan pengambilan risiko. Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Repulik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dituntut untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk bekerja pada bidang tertentu salah satunya berwirausaha dalam rangka menghadapi persaingan dunia kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sikap, pendidikan, dan lingkungan sosial terhadap intensi berwirausaha Siswa SMK PL Tarcisius 1 Semarang. Jumlah siswa kelas XII SMK PL Tarcisius 1 Semarang tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 170 siswa. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 140 responden dengan responden uji coba instrumen penelitian sebanyak 30 siswa dari kelas XII Akuntansi & Keuangan Lembaga 1 dan XII Otomatisasi & Tata Kelola Perkantoran 1. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Metode analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis deskriptif diperoleh hasil intensi berwirausaha berada dalam kategori sangat tinggi, sikap berada dalam kategori sangat tinggi, pendidikan dalam kategori tinggi, dan lingkungan sosial dalam kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan sikap, pendidikan, dan lingkungan sosial berpengaruh secara simultan terhadap intensi berwirausaha (61,3%). Secara parsial sikap berpengaruh terhadap intensi berwirausaha (32,8%), pendidikan berpengaruh terhadap intensi berwirausaha (10,6%), dan lingkungan sosial berpengaruh terhadap intensi berwirausaha (0,03%). Simpulan dari penelitian ini adalah sikap, pendidikan, dan lingkungan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha Siswa SMK PL Tarcisius 1 Semarang. Saran yang diberikan dalam penelitian ini yaitu Siswa SMK PL Tarcisius 1 Semarang dapat berpikir secara kreatif dan inovatif dalam mengatasi permasalahan usaha dan penciptaan ide-ide baru agar dapat bersaing dalam dunia usaha. Selain itu, SMK PL Tarcisius 1 Semarang diharapkan mendukung intensi berwirausaha siswa dengan memberikan bekal pendidikan kewirausahaan yang berupa pengetahuan dan informasi lewat mata pelajaran kewirausahaan yang akan menjadi bekal siswa dalam berwirausaha dan siswa diharapkan aktif mengikuti pelatihan kewirausahaan yang diadakan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kewirausahaan untuk menambah ilmu dan keahlian dalam berwirausaha.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Sikap, Pendidikan, Lingkungan Sosial, Intensi Berwirausaha
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 09 Sep 2021 01:34
Last Modified: 09 Sep 2021 01:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45791

Actions (login required)

View Item View Item