DETERMINAN LITERASI KEUANGAN IBU RUMAH TANGGA DI KABUPATEN BANYUMAS


Sholeha Tri Asih, NIM 7101416218 (2020) DETERMINAN LITERASI KEUANGAN IBU RUMAH TANGGA DI KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of DETERMINAN LITERASI KEUANGAN IBU RUMAH TANGGA DI KABUPATEN BANYUMAS] PDF (DETERMINAN LITERASI KEUANGAN IBU RUMAH TANGGA DI KABUPATEN BANYUMAS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kata kunci : Literasi Keuangan, Ibu Rumah Tangga, Usia, Pendidikan, Pendapatan, Jumlah Tanggungan Keluarga, Lingkungan Sosial, Love of Money. Literasi keuangan merupakan salah satu hal yang seharusnya dikuasai oleh setiap orang, salah satunya ibu rumah tangga. Pengetahuan keuangan yang memadai menimbulkan perilaku keuangan yang baik pula sehingga ibu rumah tangga terhindari dari masalah keuangan. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui pengaruh usia, pendidikan, pendapatan, jumlah tanggungan keluarga, lingkungan sosial, dan love of money terhadap literasi keuangan serta mengetahui pengaruh mediasi dari love of money terhadap literasi keuangan pada ibu rumah tangga di Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi ibu rumah tangga di Kabupeten Banyumas. Teknik sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dengan proportional random sampling. Perhitungan jumlah sampel menggunakan rumus slovin yang berjumlah 100 ibu rumah tangga. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diujicobakan sebelumnya dengan jumlah 45 item pernyataan. Metode analisis data menggunakan analisis desktiptif statistic dengan program IBM SPSS v23 dan Partial Least Square - Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan program Warp PLS 7.0. Hasil penelitian menunjukkan tingkat literasi keuangan ibu rumah tangga di Kabupaten Banyumas berada dalam kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usia, pendidikan, lingkungan sosial dan love of money berpengaruh terhadap tingkat literasi keuangan. Sedangkan pendapatan dan jumlah tanggungan keluarga tidak berpengaruh. Usia, pendidikan, dan lingkungan sosial berpengaruh terhadap literasi keuangan melalui love of money. Berdasarkan hasil penelitian di atas, Saran dalam mempertahankan dan meningkatkan literasi keuangan ibu rumah tangga adalah dengan terus memperkaya pengetahuan diri dengan cara mencari informasi berkaitan dengan keuangan dan industry jasa keuangan, melakukan edukasi dan sosialisasi dengan bekerja sama oleh kader PKK, serta menanamkan pendidikan keuangan kepada anak oleh ibu rumah tangga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Literasi Keuangan, Ibu Rumah Tangga, Usia, Pendidikan, Pendapatan, Jumlah Tanggungan Keluarga, Lingkungan Sosial, Love of Money.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 09 Sep 2021 01:31
Last Modified: 09 Sep 2021 01:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45790

Actions (login required)

View Item View Item