PENGARUH MOTIVASI KERJA, KOMPETENSI PEGAWAI, KOMUNIKASI INTERNAL, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI KANTOR KELURAHAN SEKECAMATAN MIJEN


Anggrahita Yuliastin Pratiwi, NIM 7101416192 (2020) PENGARUH MOTIVASI KERJA, KOMPETENSI PEGAWAI, KOMUNIKASI INTERNAL, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI KANTOR KELURAHAN SEKECAMATAN MIJEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MOTIVASI KERJA, KOMPETENSI PEGAWAI, KOMUNIKASI INTERNAL, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI KANTOR KELURAHAN SEKECAMATAN MIJEN] PDF (PENGARUH MOTIVASI KERJA, KOMPETENSI PEGAWAI, KOMUNIKASI INTERNAL, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI KANTOR KELURAHAN SEKECAMATAN MIJEN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata kunci : Motivasi Kerja, Kompetensi Pegawai, Komunikasi Internal, Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja. Sumber daya manusia merupakan salah satu yang sangat penting dalam kegiatan organisasi pemerintahan maupun organisasi non pemerintahan. Makin tinggi kualitas yang dimiliki oleh sumber daya manusia di organisasi akan memungkinkan untuk meningkatnya kualitas suatu organisasi. Salah satu permasalahan sumber daya manusia yang dapat mengganggu keberlangsungan organisasi adalah kepuasan kerja. Kepuasan kerja merupakan pandangan seseorang terhadap pekerjaannya, baik perasaaan senang maupun tidak senang terhadap pekerjaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja, kompetensi pegawai, komunikasi internal, dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja pegawai kelurahan se-Kecamatan Mijen. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh pegawai kelurahan se- Kecamatan Mijen yang berjumlah 78 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian yaitu sampel jenuh, dimana sampel yang diambil yaitu seluruh pegawai dengan jumlah 78 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, angket dan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persaman regresi linier berganda yaitu Y = 18,400 + 0,416X1 + 0,269X2 – 0,300X3 + 0,366X4 + e. Hasil menunjukkan bahwa pengaruh secara simultan dari motivasi kerja, kompetensi pegawai, komunikasi internal, dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja pegawai kelurahan se-Kecamatan Mijen sebesar 51,4%. Sedangkan pengaruh secara parsial untuk motivasi kerja sebesar 17,89%, kompetensi pegawai sebesar 9,48%, dan lingkungan kerja sebesar 6,25%. Sedangkan untuk komunikasi internal tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja secara parsial. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh motivasi kerja, kompetensi pegawai, dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja pegawai kantor kelurahan se-Kecamatan Mijen. Sedangkan untuk komunikasi internal tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Saran yang diberikan : 1) Adanya pemberian bonus bagi para pegawai kantor jika kedapatan bekerja lembur, 2) Mengikutsertakan pegawai dalam berbagai seminar serta menganjurkan pegawai yang masih muda melanjutkan pendidikan untuk menambah kompetensi yang dimiliki, 3) Menyiapkan kotak saran dan kritik yang ditujukan kepada pimpinan agar komunikasi ke atas dapat terjalin dengan baik, dan 4) Penambahan beberapa fasilitas yang dirasa belum ada di beberapa kantor kelurahan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Motivasi Kerja, Kompetensi Pegawai, Komunikasi Internal, Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 09 Sep 2021 00:45
Last Modified: 09 Sep 2021 00:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45783

Actions (login required)

View Item View Item