PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, SELF EFFICACY DAN INOVASI TERHADAP SOCIAL ENTREPRENEURSHIP PADA MAHASISWA ANGGOTA HIPMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
Reifi Apsarining Tyas, NIM 7101416191 (2020) PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, SELF EFFICACY DAN INOVASI TERHADAP SOCIAL ENTREPRENEURSHIP PADA MAHASISWA ANGGOTA HIPMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, SELF EFFICACY DAN INOVASI TERHADAP SOCIAL ENTREPRENEURSHIP PADA MAHASISWA ANGGOTA HIPMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kata Kunci: Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Self Efficacy, Inovasi, Social Entrepreneurship Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan, self efficacy dan inovasi terhadap social entrepreneruship pada mahasiswa anggota HIPMI Universitas Negeri Semarang. Social entrepreneurship adalah kewirausahaan yang tidak hanya mengutamakan profit namun juga memiliki misi sosial. Tujuan social entrepreneurship adalah terjadinya perubahan sosial ke arah yang lebih baik atau positif dalam memecahkan permasalahan sosial untuk kepentingan masyarakat. HIPMI merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang terdiri dari mahasiswa wirausaha di lingkungan Universitas Negeri Semarang. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa wirausaha anggota HIPMI Universitas Negeri Semarang pada tahun angkatan 2019-2020. Jumlah sampel sebanyak 83 responden dengan teknik penentuan sampel jenuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda melalui program SPSS Versi 21. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel pengetahuan kewirausahaan, self efficacy, dan inovasi secara simultan berpengaruh terhadap social entrepreneurship sebesar 65,3%. Sedangkan secara parsial self efficacy berpengaruh paling besar terhadap social entrepreneurship sebesar 15,9%, pengetahuan kewirausahaan berpengaruh sebesar 9,20%, dan inovasi berpengaruh terhadap social entrepreneurship sebesar 6,90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengetahuan kewirausahaan, self efficacy, dan inovasi, berpengaruh secara bersama-sama terhadap social entrepreneurship pada mahasiswa anggota HIPMI Universitas Negeri Semarang. Saran yang diberikan bagi mahasiswa wirausaha diharapkan tidak hanya berwirausaha yang mengutamakan profit saja, namun juga mempunyai misi sosial. Saran untuk peneliti selanjutnya untuk mengkaji penelitian tentang social entrepreneurship menggunakan variabel lain.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Self Efficacy, Inovasi, Social Entrepreneurship |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 00:42 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 00:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45782 |
Actions (login required)
View Item |