PENGARUH PENGETAHUAN PERKOPERASIAN, KUALITAS PELAYANAN DAN TINGKAT KEPERCAYAAN ANGGOTA TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KOPMA UNNES
Hartiana Putri, NIM 7101416186 (2020) PENGARUH PENGETAHUAN PERKOPERASIAN, KUALITAS PELAYANAN DAN TINGKAT KEPERCAYAAN ANGGOTA TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KOPMA UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGARUH PENGETAHUAN PERKOPERASIAN, KUALITAS PELAYANAN DAN TINGKAT KEPERCAYAAN ANGGOTA TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KOPMA UNNES)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Kata Kunci: Pengetahuan Perkoperasian, Kualitas Pelayanan, Tingkat Kepercayaan Anggota, Partisipasi Anggota Kopma UNNES merupakan koperasi yang diperuntukkan bagi mahasiswa Universitas Negeri Semarang dan memiliki peran penting bagi mahasiswa maupun masyarakat disekitarnya. Koperasi yang maju akan menyejahterahkan anggota dan masyarakat sekitarnya. Dengan partisipasi aktif anggota akan memicu majunya sebuah koperasi. Namun berdasarkan hasil observasi awal melalui wawancara dengan ketua Kopma UNNES menunjukkan bahwa partisipasi dari anggota Kopma UNNES masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan perkoperasian, kualitas pelayanan dan tingkat kepercayaan anggota terhadap partisipasi anggota Kopma UNNES. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota Kopma UNNES tahun 2019 yang berjumlah 466 anggota. Sampel yang dihasilkan dari sampling menggunakan rumus slovin dalam penelitian ini sebanyak 215 responden dengan teknik area probability sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pengetahuan perkoperasian, kualitas pelayanan dan tingkat kepercayaan anggota berpengaruh berpengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi anggota Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengetahuan perkoperasian, kualitas pelayanan dan tingkat kepercayaan anggota mampu meningkatkan partisipasi anggota Kopma UNNES. Saran yang diberikan bagi pihak koperasi untuk lebih meningkatkan kegiatan yang dapat memicu keikutsertaan anggota atau mewajibkan semua anggota untuk mengikuti setiap pendidikan yang dilaksanakan, menekankan peraturan karyawan yang dibuat agar dapat memberikan kualitas pelayanan yang maksimal dan meningkatkan kepercayaan anggota dengan memberikan teladan yang memotivasi. Dan untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk menggunakan angket dengan test yang lebih tepat digunakan untuk mengukur variabel pengetahuan perkoperasian.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pengetahuan Perkoperasian, Kualitas Pelayanan, Tingkat Kepercayaan Anggota, Partisipasi Anggota |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 00:25 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 00:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45779 |
Actions (login required)
View Item |