PENGARUH KEGUNAAN PERSEPSIAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN PERSEPSIAN TERHADAP PENERIMAAN SISTEM SMARTPHONE BASED TEST DI SMK NEGERI 1 WONOGIRI


Rizki Intan Mei Tri Haryanti, NIM 7101416143 (2020) PENGARUH KEGUNAAN PERSEPSIAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN PERSEPSIAN TERHADAP PENERIMAAN SISTEM SMARTPHONE BASED TEST DI SMK NEGERI 1 WONOGIRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEGUNAAN PERSEPSIAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN PERSEPSIAN TERHADAP PENERIMAAN SISTEM SMARTPHONE BASED TEST DI SMK NEGERI 1 WONOGIRI] PDF (PENGARUH KEGUNAAN PERSEPSIAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN PERSEPSIAN TERHADAP PENERIMAAN SISTEM SMARTPHONE BASED TEST DI SMK NEGERI 1 WONOGIRI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Smartphone Based Test, Kegunaan Persepsian, Kemudahan Penggunaan Persepsian, Penerimaan. Pendidikan di Indonesia telah mengalami digitalisi dalam pelaksanaan ujian yaitu dengan penerapan teknologi informasi berbasis, dimana saat ini telah terdapat inovasi baru dalam melaksanakan tes atau ujian, yaitu dengan sistem Smartphone Based Test,dimana ujian dilaksanakan menggunakan smartphone sebagai media ujian. Diperlukan analisis Smartphone Based Test melalui pendekatan Technology Acceptance Model (TAM), dikarenakan dengan model pendekatan TAM maka akan mendapatkan penjelasan yang kuat dalam penerimaan suatu teknologi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 75 siswa kelas 12 OTKP SMKN 1 Wonogiri yang sekaligus dipakai sebagai sampel karena responden kurang dari 100. Variabel yang diteliti yaitu kegunaan persepsian (perceived usefulness), kemudahan penggunaan persepsian (perceived easy of used), dan penerimaan (acceptance). Analisis data menggunakana analisis regresi berganda dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kegunaan persepsian terhadap penerimaan sebesar 10%, kemudahan persepsian terhadap penerimaan sebesar 10,6%, serta kegunaan persepsian dan kemudahan penggunaan persepsian terhadap penerimaan secara simultan sebesar 66%. Simpulan dari penelitian ini adalah kegunaan persepsian, kemudahan penggunaan persepsianberpengaruh positif terhadap sikap penggunaan,serta kegunaan persepsian, kemudahan penggunaan persepsian, sikap penggunaan berpengaruh positif terhadap penerimaan penggunaan Smartphone Based Test. Saran dalam penelitian ini adalah (1) Perlu adanya perbaiakan atau penambahan fasilitas wifi atau jaringan internet sehingga terjadinya error systemkarena jaringan bisa diminimalisasi, (2) Pada variabel penerimaan (acceptance) indikator motivasi untuk tetap menggunakan memiliki presentase paling rendah sehingga perlu ditindak lanjuti dan diteliti indikator penyebab diluar variabel TAM, (3) Pada variabel penerimaan (acceptance) Indikator kepuasan penggunaan memiliki persentase rendah sebesar 66%, sehingga perlu diketahui lebih rinci lagi hal-hal penting yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pengguna.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Smartphone Based Test, Kegunaan Persepsian, Kemudahan Penggunaan Persepsian, Penerimaan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 08 Sep 2021 23:55
Last Modified: 08 Sep 2021 23:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45771

Actions (login required)

View Item View Item