PENGARUH DISIPLIN KERJA, FASILITAS KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU DI SMK NU 01 KENDAL


Eka Nurlatifah, NIM 7101416142 (2020) PENGARUH DISIPLIN KERJA, FASILITAS KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU DI SMK NU 01 KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH DISIPLIN KERJA, FASILITAS KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU DI SMK NU 01 KENDAL] PDF (PENGARUH DISIPLIN KERJA, FASILITAS KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU DI SMK NU 01 KENDAL) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Disiplin Kerja, Fasilitas Kerja, Budaya Organisasi, Kinerja Guru. Kinerja guru merupakan kemampuan yang dimiliki oleh para guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai seorang pendidik di sekolah. Berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan bahwa tingkat kinerja guru di SMK NU 01 Kendal kurang maksimal, hal ini disebabkan karena masih banyak guru yang menggunakan metode ceramah dan kurang memanfaatkan sumber belajar pada saat kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh baik secara simultan dan parsial antara disiplin kerja, fasilitas kerja, dan budaya organisasi terhadap kinerja guru di SMK NU 01 Kendal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 54 guru SMK NU 01 Kendal. Sampel dalam penelitian ini menggunakan jumlah seluruh populasi yaitu 54 guru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan regresi linear berganda dan deskriptif ststistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi linear berganda adalah KG = 48,112 + 0,152 DK + 0,332 FK + 0,110 BO + e. Besarnya pengaruh secara simultan antara variabel disiplin kerja, fasilitas kerja, dan budaya organisasi terhadap kinerja guru di SMK NU 01 Kendal sebesar 71%. Sedangkan secara parsial variabel disiplin kerja berpengaruh sebesar 9,06%, variabel fasilitas kerja 13,54%, dan variabel budaya organisasi sebesar 15,68%. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel disiplin kerja, fasilitas kerja, dan budaya organisasi terhadap kinerja guru di SMK NU 01 Kendal. Saran peneliti dalam penelitian ini yaitu (1) kepala sekolah perlu memantapkan peraturan yang sudah ada di sekolah dan juga kepala sekolah haruslah memperketat pengawasan dan sanksi apabila terdapat Bapak/Ibu Guru yang melanggar peraturan. (2) kepala sekolah harus lebih sering melakukan komunikasi dan interaksi kepada seluruh Bapak/Ibu Guru yang ada di sekolah supaya hubungan antar kepala sekolah dengan Bapak/Ibu Guru menjadi lebih harmonis. (3) sekolah lebih memperhatikan fasilitas yang ada, misalnya seperti penyediaan alat praktik di laboraturium sehingga mempermudah Bapak/Ibu Guru dalam mengajar mata pelajaran praktik dan jika terdapat fasilitas yang rusak maupun kurang segera ditindak lanjuti atau diperbaiki sehingga tidak mengganggu kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Disiplin Kerja, Fasilitas Kerja, Budaya Organisasi, Kinerja Guru.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 08 Sep 2021 23:46
Last Modified: 08 Sep 2021 23:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45770

Actions (login required)

View Item View Item