DESAIN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERMUATAN GUIDED INQUIRY TERINTEGRASI KETERAMPILAN PROSES SAINS
Diah Ayu Permatasari, 4301416031 (2021) DESAIN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERMUATAN GUIDED INQUIRY TERINTEGRASI KETERAMPILAN PROSES SAINS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (DESAIN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERMUATAN GUIDED INQUIRY TERINTEGRASI KETERAMPILAN PROSES SAINS)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Implementasi kurikulum 2013 menuntut peserta didik untuk mampu membangun pengetahuan secara mandiri berdasarkan sumber belajar yang ada, namun sumber belajar yang digunakan belum sesuai dengan kurikulum 2013. Sumber belajar yang sesuai memuat kegiatan-kegiatan berdasarkan model pembelajaran dengan pendekatan saintifik salah satunya guided inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk LKPD bermuatan guided inquiry terintegrasi keterampilan proses sains serta mengetahui spesifikasi dan kelayakan LKPD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D), dengan desain 4D (four D) yang terdiri atas tahap define, design, development, dan disseminate oleh Thiagarajan. Subjek penelitian adalah kelas XII MIPA di SMA N 1 Kaliwungu yang berjumlah 33 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, validasi ahli, dan angket tanggapan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar validasi, lembar angket respon peserta didik. Teknik analisis data yaitu analisis kelayakan LKPD dengan validator ahli materi, ahli media, lembar angket keterbacaan dan angket respon peserta didik. LKPD yang dikembangkan memiliki spesifikasi menggunakan langkah guided inquiry serta terintegrasi keterampilan proses sains. Hasil analisis validasi materi menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan dinyatakan sangat layak dengan skor dari masing-masing validator memenuhi kriteria sangat layak yaitu skor > 61,75 dari skor maksimal 76 dan hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan dinyatakan sangat layak dengan skor > 52 dari skor maksimal 64. Berdasarkan angket keterbacaan oleh 33 peserta didik diperoleh hasil bahwa LKPD dinyatakan sangat baik oleh 25 peserta didik dan baik oleh 8 peserta didik serta respon peserta didik oleh 33 peserta didik diperoleh hasil bahwa LKPD dinyatakan sangat baik oleh 24 peserta didik dan baik oleh 9 peserta didik
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD, Guided Inquiry, Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > Special Education > Chemistry Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 08 Sep 2021 10:47 |
Last Modified: | 08 Sep 2021 10:47 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45766 |
Actions (login required)
View Item |