EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DALAM MENTAATI TATA TERTIB DI SMP NEGERI 34 SEMARANG


Anggilina Prasetyasari, 1301414049 (2020) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DALAM MENTAATI TATA TERTIB DI SMP NEGERI 34 SEMARANG. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DALAM MENTAATI TATA TERTIB DI SMP NEGERI 34 SEMARANG] PDF (EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DALAM MENTAATI TATA TERTIB DI SMP NEGERI 34 SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi pada siswa di SMP Negeri 34 Semarang yang mengalami tingkat kedisiplinan kurang disiplin dari hasil skala kedisiplinan siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk membuktikan bahwa konseling kelompok teknik self management dapat meningkatkan kedisiplinan siswa dalam mentaati tata tertib. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain Pre-Eksperimental Design berbentuk One Group Pretest – Posttest Design. Sampel yang digunakan berjumlah 8 orang siswa dari kelas VIII dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sampel yang diambil adalah subjek yang sesuai dengan karakteristik yang dibutuhkan dalam penelitian yaitu siswa yang memiliki tingkat kedisiplinan kurang disiplin dalam mentaati tata tertib. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan siswa di SMP Negeri 34 Semarang sebelum dan sesudah diberikan treatment berupa konseling kelompok teknik self management mengalami peningkatan skor rata-rata sebesar 30 atau setara dengan 7%. Kenaikan skor ini memberikan pengaruh terhadap kategori yang diperoleh dari sebelumnya yang termasuk dalam kriteria tingkat kedisiplinan sedang dapat mengalami perubahan menjadi kriteria tingkat kedisiplinan tinggi. Perubahan kenaikan skor dikarenakan oleh adanya respon positif dari siswa yang memiliki keinginan untuk merubah diri menjadi lebih baik dan mengikuti layanan konseling kelompok. Pembahasan temuan ini diarahkan untuk mengkaji konseling kelompok teknik self management untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dalam mentaati tata tertib.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan tata tertib, konseling kelompok teknik self management
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: kholidbaror fisika unnes
Date Deposited: 08 Sep 2021 08:34
Last Modified: 08 Sep 2021 08:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45764

Actions (login required)

View Item View Item