PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS DESIGN BASED LEARNING (DBL) PADA MATERI SISTEM KOLOID


Noviana Sri Rahayu, 4301416007 (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS DESIGN BASED LEARNING (DBL) PADA MATERI SISTEM KOLOID. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS DESIGN BASED LEARNING (DBL) PADA MATERI SISTEM KOLOID] PDF (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS DESIGN BASED LEARNING (DBL) PADA MATERI SISTEM KOLOID) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Design Based Learning (DBL) pada materi sistem koloid yang layak dan diterima dengan baik oleh guru untuk digunakan dalam pembelajaran kimia. Lembar Kerja Peserta Didik disusun berdasarkan sintak pembelajaran Design Based Learning (DBL) yang pada dasarnya mengarahkan peserta didik untuk melakukan perancangan suatu produk sebagai solusi dari permasalahan yang disajikan. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development dengan model 3D yang merupakan penyederhanaan dari model 4D dari Thiagarajan. Tahapan penelitian terdiri dari tahap Define (pendefinisian), Design (perancangan), dan Develop (pengembangan). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kajian pustaka, lembar validasi ahli, dan angket tanggapan. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan menghitung rerata skor yang diperoleh kemudian menentukan kriteria yang telah ditentukan. Sedangkan data komentar dari validator dan responden pengguna dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil validasi ahli dilakukan uji kesepakatan rater menggunakan indeks Aiken‟s V. Hasil validasi diperoleh rerata skor 57,5 (82,14%) pada aspek kualitas isi, 46,5 (84,54%) pada aspek kelayakan kebahasaan, 76,5 (90%) pada aspek kegrafikan, dan 25,5 (85%) pada aspek penyajian yang masing-masing berada pada kategori sangat layak. Hasil uji kesepakatan dengan indeks Aiken‟s V diperoleh skor 0,77 pada aspek kualitas isi, skor 0,80 pada aspek kelayakan kebahasaan, skor 0,87 pada aspek kegrafikan, dan skor 0,81 pada aspek penyajian yang masing-masing menunjukkan tingkat validitas yang tinggi. Hasil tanggapan guru diperoleh rerata skor 67 (83,75%) dan skor 65,3 (81,62%) masing masing berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan analisis hasil validasi ahli dan angket tanggapan maka LKPD berbasis DBL memenuhi kriteria layak dan diterima dengan baik oleh guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, Sistem Koloid, Design Based Learning (DBL)
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 08 Sep 2021 10:43
Last Modified: 08 Sep 2021 10:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45756

Actions (login required)

View Item View Item