BERMAIN MUSIK ANGKLUNG MELALUI MODIFIKASI METODE HAND SIGN UNTUK MINAT ANAK DI TK KEMALA BHAYANGKARI 62 KOTA BOGOR


Tyas Mayranni Putri, 1601413025 (2020) BERMAIN MUSIK ANGKLUNG MELALUI MODIFIKASI METODE HAND SIGN UNTUK MINAT ANAK DI TK KEMALA BHAYANGKARI 62 KOTA BOGOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of BERMAIN MUSIK ANGKLUNG MELALUI MODIFIKASI METODE HAND SIGN UNTUK MINAT ANAK DI TK KEMALA BHAYANGKARI 62 KOTA BOGOR] PDF (BERMAIN MUSIK ANGKLUNG MELALUI MODIFIKASI METODE HAND SIGN UNTUK MINAT ANAK DI TK KEMALA BHAYANGKARI 62 KOTA BOGOR) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Metode hand sign adalah pendekatan pembelajaran yang digunakan untuk mengilustrasikan nada dengan simbol atau posisi dan bentuk tangan berbeda untuk setiap nadanya. Hand signing dengan fungsi untuk membayangkan nada serta mengetahui tinggi rendah nada dengan gerakan tangan. Dalam penelitian ini peneliti membuat modifikasi dari metode hand sign seperti simbol-simbol yang berada di sekitar anak yaitu berbagai macam hewan. Berdasarkan hasil observasi di Tk Kemala Bhayangkari 62 Kota Bogor, masih ada anak yang tidak minat bermain angklung dengan menggunakan pembelajaran yang meggunakan angka sebgai metode bermain angklung. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pemahaman anak tentang metode handsign untuk bermain musik angklung, (2) Untuk mengetahui peningkatan bermain angklung dengan metode handsign. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini merupakan siswa kelompok kelas B usia 5-6 tahun pada TK Kemala Bhayangkara 62 Kota Bogor. Variabel bebas dalam penelitian ini yakni cara bermain angklung, sedangkan variable terikat dalam penelitian ini yakni hasil pembelajaran bermain angklung metode handsign. Hasil penelitian ini adalah (1) Anak dapat memahami metode handsign dalam pembelajaran angklung pada TK Kemala Bhayangkari 62 Bogor masuk dalam kategori sangat baik setelah diberikan perlakuan atau treatment, (2) Terdapat peningkatan hasil belajart yang berpengaruh terhadap peningkatan hasil pembelajaran dengan menggunakan metode bermain angklung metode handsign pada siswa-siswi TK Kemala Bhayangkari 62 Bogor. Simpulan penelitian ini adalah metode handsign berpengaruh terhadap hasil pembelajaran siswa dalam bermain angklung, dan hasilnya akan meningkat lebih baik setelah di berikan sebuah perlakuan. Saran peneitian ini adalah para guru guru, untuk lebih kreatif dalam menggunakan metode dalam pembelajaran pada anak usia dini, dan lebih menekankan pembelajaran berbasis permainan pada anak usia dini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bermain Musik Angklung, Metode Handsign.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 Sep 2021 07:15
Last Modified: 08 Sep 2021 07:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45753

Actions (login required)

View Item View Item