PRODUKSI BIOPELET BERBAHAN BAKU ECENG GONDOK SEBAGAI BAHAN BAKAR KOMPOR VORTEX DENGAN VARIASI PEREKAT TEPUNG MAIZENA


Naufal Mudrik Mezaki, 5213416029 (2020) PRODUKSI BIOPELET BERBAHAN BAKU ECENG GONDOK SEBAGAI BAHAN BAKAR KOMPOR VORTEX DENGAN VARIASI PEREKAT TEPUNG MAIZENA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PRODUKSI BIOPELET BERBAHAN BAKU ECENG GONDOK SEBAGAI BAHAN BAKAR KOMPOR VORTEX DENGAN VARIASI PEREKAT TEPUNG MAIZENA] PDF (PRODUKSI BIOPELET BERBAHAN BAKU ECENG GONDOK SEBAGAI BAHAN BAKAR KOMPOR VORTEX DENGAN VARIASI PEREKAT TEPUNG MAIZENA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kebutuhan energi semakin meningkat seiring dengan meningkatnya populasi penduduk dan tumbuhnya perekonomian. Sampai saat ini, bahan bakar fosil masih menjadi sumber utama dalam pemenuhan kebutuhan energi di Indonesia. Potensi biomassa di Indonesia yang bisa digunakan sebagai sumber energi jumlahnya sangat melimpah. Eceng Gondok (Eichornia crassipes) merupakan tumbuhan air terapung/gulma yang dapat tumbuh dengan cepat (3% / hari) di permukaan air/rawa. Eceng gondok memiliki kandungan selulosa yang tinggi dengan nilai kalor yang relatif tinggi, sehingga berpotensi untuk digunakan sebagai bahan bakar alternatif. Penelitian ini memanfaatkan eceng gondok dalam produksi biopelet sebagai bahan bakar kompor vorteks dengan menggunakan perekat tepung maizena. Penelitian ini mengamati karakteristik (kadar air, kadar abu, tensile strength, kadar CHNS, dan nilai kalor) serta pengaruh konsentrasi perekat terhadap biopelet eceng gondok yang dihasilkan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pada campuran tepung maizena 5% memiliki kadar air terendah sebesar 8,43%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi persentase bahan perekat maka semakin kuat biopelet dilihat dari nilai tensile strength (kekuatan tarik) yang dihasilkan dan kadar abu yang dihasilkan cenderung menurun. Hasil pengujian ultimat juga menunjukkan bahwa persentase karbon pada campuran tepung maizena 5% adalah 31,71%. Sedangkan nilai kalor tertinggi terdapat pada campuran tepung maizena 5% yaitu 4033,542 kal/gr.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: biopelet, eceng gondok, maizena, nilai kalor
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 08 Sep 2021 06:10
Last Modified: 08 Sep 2021 06:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45750

Actions (login required)

View Item View Item