HUBUNGAN GAYA HIDUP DAN RIWAYAT PENGGUNAAN KONTRASEPSI HORMONAL DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA WANITA LANSIA (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Ngesrep Kota Semarang)


Eka Tiana Miftahul Jannah, 6411416124 (2020) HUBUNGAN GAYA HIDUP DAN RIWAYAT PENGGUNAAN KONTRASEPSI HORMONAL DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA WANITA LANSIA (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Ngesrep Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN GAYA HIDUP DAN RIWAYAT PENGGUNAAN KONTRASEPSI HORMONAL DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA WANITA LANSIA (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Ngesrep Kota Semarang)] PDF (HUBUNGAN GAYA HIDUP DAN RIWAYAT PENGGUNAAN KONTRASEPSI HORMONAL DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA WANITA LANSIA (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Ngesrep Kota Semarang)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan siginifikan kasus hipertensi terjadi setiap tahun di Puskesmas Ngesrep. Prevalensi hipertensi wanita lansia lebih tinggi (9,68%), dibandingkan pada wanita <60 tahun (1,67%) dan pria (0,95%). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan gaya hidup dan riwayat penggunaan kontrasepsi hormonal dengan kejadian hipertensi pada wanita lansia di wilayah kerja Puskesmas Ngesrep. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik rancangan cross sectional. Sampel 84 responden dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara kepada responden. Data dianalisis menggunakan uji chi square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas fisik (p=0,000), kebiasaan konsumsi makanan tinggi natrium (p=0,000), kualitas tidur (p=0,000), riwayat penggunaan kontrasepsi hormonal (p=0,000) berhubungan dengan kejadian hipertensi pada wanita lansia, sedangkan kebiasaan konsumsi makanan tinggi lemak (p=0,055) tidak berhubungan dengan kejadian hipertensi pada wanita lansia. Saran penelitian ini adalah semua pihak diharapkan menjaga gaya hidup yang baik untuk mencegah hipertensi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: gaya hidup, hipertensi, wanita lansia
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 08 Sep 2021 06:23
Last Modified: 08 Sep 2021 06:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45749

Actions (login required)

View Item View Item