STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BATIK DI KABUPATEN SRAGEN


Arifah Handayani, NIM 7101416126 (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BATIK DI KABUPATEN SRAGEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BATIK DI KABUPATEN SRAGEN] PDF (STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BATIK DI KABUPATEN SRAGEN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata kunci: Batik, Strategi Integrasi, Intensif, Diversifikasi, Defensif. Strategi merupakan tindakan yang dilakukan dalam jangka panjang untuk meningkatakan kesejahteraan perusahaan dengan melihat faktor internal dan eksternal yang ada di lingkungan perusahaan. Strategi dilakukan oleh perusahaan untuk memperoleh dan mempertahankan keunggulan bersaing. Strategi digunakan oleh pengusaha dalam menjalankan industrinya untuk menunjang perkembangan industri salah satunya industri batik di Kabupaten Sragen. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi integrasi, strategi intensif, strategi diversifikasi, dan strategi defensif yang dilakukan Batik Widya Kusuma. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah pemilik Batik Widya Kusuma, karyawan Batik Widya Kusuma, masyarakat Desa Kebaksari. Penelitian ini berlokasi di Desa Kebaksari, Pungsari, Plupuh, Sragen. Hasil penelitian menemukan bahwa strategi integrasi Batik Widya Kusuma adalah mempertahankan persediaan bahan baku dari pemasok tetap di Solo. Strategi intensif yaitu memberikan diskon dan cinderamata kepada pembeli serta melakukan inovasi produk berupa motif dan warna produk untuk menarik minat pembeli. Strategi diversifikasi yaitu menghasilkan produk Batik berupa baju, kebaya, dan jarit. Strategi defensif yaitu menjual aset berupa tanah dan bangunan untuk menambah modal serta mengurangi jumlah karyawan yang dimiliki Batik Widya Kusuma. Saran untuk “Batik Widya Kusuma” agar dapat meningkatkan produksi dengan melakukan inovasi produk berupa motif dan warna batik dengan cara menerapkan pelatihan kerja bagi karyawan Batik Widya Kusuma dan mengembangkan alat/teknologi produksi modern.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Batik, Strategi Integrasi, Intensif, Diversifikasi, Defensif.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 08 Sep 2021 05:43
Last Modified: 08 Sep 2021 05:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45747

Actions (login required)

View Item View Item