PENGARUH KESEMPATAN KERJA, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN POTENSI DIRI TERHADAP MINAT MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI


Nurul Fitriana, NIM 7101416125 (2020) PENGARUH KESEMPATAN KERJA, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN POTENSI DIRI TERHADAP MINAT MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KESEMPATAN KERJA, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN POTENSI DIRI TERHADAP MINAT MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI] PDF (PENGARUH KESEMPATAN KERJA, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN POTENSI DIRI TERHADAP MINAT MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Kesempatan Kerja, Lingkungan Keluarga, Potensi Diri. Minat Memilih Program Studi Pendidikan Akuntansi Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi minat dalam memilih program studi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kesempatan Kerja menggunakan indikator Prospek Kerja Lulusan, Keberhasilan Alumni; Lingkungan Keluarga menggunakan indikator Kondisi Ekonomi Keluarga, Dukungan Orang Tua, Relasi Antar Anggota Keluarga; dan Potensi Diri menggunakan indikator Suka Belajar Dan Mau Melihat Kekurangan Diri, Memiliki Bakat, Berkeinginan Untuk Mengembangkan Hobi; terhadap Minat Memilih Program Studi Pendidikan Akuntansi menggunakan indikator Faktor Pribadi, Teman/Lingkungan, Emosional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasi (correlation research). Populasi penelitian 115 mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Negeri Semarang angkatan 2019. Seluruh populasi tersebut dijadikan responden sebagai unit analisis penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Kesempatan Kerja, Lingkungan Keluarga, dan Potensi Diri secara parsial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Minat Memilih Program Studi Pendidikan Akuntansi. Secara simultan variabel Kesempatan Kerja, Lingkungan Keluarga, dan Potensi Diri memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Minat Memilih Program Studi Pendidikan Akuntansi. Simpulan penelitian ini adalah Kesempatan Kerja, Lingkungan Keluarga, dan Potensi Diri memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Memilih Program Studi Pendidikan Akuntansi baik secara simultan ataupun parsial. Saran dalam penelitian adalah mahasiswa perlu meningkatkan dan memperluas informasi terkait prospek program studi yang ditempuh dengan mencari informasi secara berkala melalui media cetak ataupun online dan berdiskusi aktif. Kemudian menciptakan dan meningkatkan kualitas hubungan dengan keluarga melalui komunikasi yang baik. Serta memahami potensi yang dimiliki dengan cara mengenali, menggali, dan melakukan aktivitas pendukung agar dapat meningkatkan minat dalam memilih program studi Pendidikan Akuntansi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kesempatan Kerja, Lingkungan Keluarga, Potensi Diri. Minat Memilih Program Studi Pendidikan Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 08 Sep 2021 05:31
Last Modified: 08 Sep 2021 05:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45746

Actions (login required)

View Item View Item