PENGARUH FASILITAS PERPUSTAKAAN, KOMPETENSI PEGAWAI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Sinta Novia, NIM 7101416122 (2020) PENGARUH FASILITAS PERPUSTAKAAN, KOMPETENSI PEGAWAI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH FASILITAS PERPUSTAKAAN, KOMPETENSI PEGAWAI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG] PDF (PENGARUH FASILITAS PERPUSTAKAAN, KOMPETENSI PEGAWAI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Fasilitas Perpustakaan, Kompetensi Pegawai, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pengguna Perpustakaan sebagai salah satu penyedia informasi menghadapi tantangan besar dalam memberikan pelayanan yang terbaik demi kepuasan pengguna. Kepuasan pengguna merupakan tolok ukur keberhasilan sebuah perpustakaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh secara simultan dan parsial fasilitas perpustakaan, kompetensi pegawai, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna di Perpustakaan Universitas Negeri Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Universitas Negeri Semarang angkatan 2016-2019 yang berjumlah 25.348 mahasiswa. Dari populasi tersebut diambil sebanyak 394 sampel dengan teknik proportional random sampling. Variabel yang diteliti yaitu fasilitas perpustakaan, kompetensi pegawai, dan kualitas pelayanan sebagai variabel bebas dan kepuasan pengguna sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif presentase dan analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Persamaan regresi dilihat dari Uji Fhitung=530,163 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga diperoleh persamaan regresi berganda dengan persamaan Y = 2,434 + 0,193X1+ 0,202X2+ 0,080X3. Besarnya pengaruh secara simultan antara fasilitas perpustakaan, kompetensi pegawai, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna sebesar 80,2%. Secara parsial pengaruh fasilitas perpustakaan terhadap kepuasan pengguna sebesar 29,27%, pengaruh kompetensi pegawai terhadap kepuasan pengguna yaitu sebesar 14,52%, dan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna sebesar 38,57%. Saran dari penelitian ini adalah peningkatan kepuasan pengguna perpustakaan dapat dicapai dengan meningkatkan fasilitas perpustakaan, kompetensi pegawai, dan kualitas pelayanan. Saran dalam penelitian ini adalah (1) berkaitan dengan fasilitas perpustakaan, hendaknya melengkapi dan memperbarui koleksi buku bacaan, (2) diadakan seminar, workshop, atau pelatihan khusus bagi pegawai mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki oleh pegawai perpustakaan, (3) pegawai memberikan pelayanan sesuai dengan yang dijanjikan secara akurat dan terpercaya dengan menerapkan jam layanan sesuai dengan yang dijanjikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Fasilitas Perpustakaan, Kompetensi Pegawai, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pengguna
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 08 Sep 2021 04:59
Last Modified: 08 Sep 2021 04:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45745

Actions (login required)

View Item View Item