DETERMINAN PEMAHAMAN KONSEP AKUNTANSI PADA SISWA JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 TANAH GROGOT KABUPATEN PASER PROVINSI KALIMANTAN TIMUR TAHUN AJARAN 2019/2020


MELIANDAYANI, NIM 7101416088 (2020) DETERMINAN PEMAHAMAN KONSEP AKUNTANSI PADA SISWA JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 TANAH GROGOT KABUPATEN PASER PROVINSI KALIMANTAN TIMUR TAHUN AJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of DETERMINAN PEMAHAMAN KONSEP AKUNTANSI PADA SISWA JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 TANAH GROGOT KABUPATEN PASER PROVINSI KALIMANTAN TIMUR TAHUN AJARAN 2019/2020] PDF (DETERMINAN PEMAHAMAN KONSEP AKUNTANSI PADA SISWA JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 TANAH GROGOT KABUPATEN PASER PROVINSI KALIMANTAN TIMUR TAHUN AJARAN 2019/2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Peran Guru, Keterlibatan Siswa, Kepribadian Ekstraversi, Kecemasan Belajar, Pemahaman Konsep Akuntansi. Hasil belajar yang baik dapat mengindikasikan bahwa pemahaman siswa terhadap suatu konsep materi pelajaran juga baik. Pemahaman konsep merupakan suatu kemampuan mendasar yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Namun, pada faktanya kondisi tersebut belum sesuai dengan yang diharapkan. Hasil studi PISA tahun 2018 dan berdasarkan hasil observasi awal di SMK Negeri 1 Tanah Grogot menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman siswa masih relatif rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peran guru, keterlibatan siswa, tingkat kepribadian ekstraversi, dan kecemasan belajar terhadap pemahaman konsep akuntansi siswa SMK Negeri 1 Tanah Grogot Tahun Ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMKN 1 Tanah Grogot Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak 71 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 71 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data yaitu angket atau kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara peran guru, keterlibatan siswa, tingkat kepribadian ekstraversi, dan kecemasan belajar terhadap pemahaman konsep akuntansi siswa sebesar 75,3%. Secara parsial peran guru berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep akuntansi siswa sebesar 7,2%. Keterlibatan siswa berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep akuntansi siswa sebesar 22,7%. Tingkat kepribadian ekstraversi berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep akuntansi siswa dengan koefisien determinasi sebesar 9,1%. Kecemasan belajar berpengaruh negatif terhadap pemahaman konsep akuntansi siswa sebesar 8,7%. Simpulan dari penelitian ini adalah peran guru, keterlibatan siswa, dan tingkat kepribadian ekstraversi berpengaruh positif signifikan terhadap pemahaman konsep akuntansi siswa, sedangkan kecemasan belajar berpengaruh negatif terhadap pemahaman konsep akuntansi siswa kelas XI jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMKN 1 Tanah Grogot tahun ajaran 2019/2020. Saran yang dapat diberikan yaitu hendaknya guru dapat meningkatkan upaya pemahaman konsep akuntansi siswa baik dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik maupun metode pembelajaran yang dapat menstimulus keterlibatan aktif siswa di dalam maupun di luar kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peran Guru, Keterlibatan Siswa, Kepribadian Ekstraversi, Kecemasan Belajar, Pemahaman Konsep Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 08 Sep 2021 04:03
Last Modified: 08 Sep 2021 04:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45736

Actions (login required)

View Item View Item