PENGARUH MOTIVASI HEDONIS, GAYA HIDUP DAN FASHION INVOLVEMENT TERHADAP IMPULSIVE BUYING DENGAN SELF-CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNNES


Elsa Dwi Pri Cilia, NIM 7101416086 (2020) PENGARUH MOTIVASI HEDONIS, GAYA HIDUP DAN FASHION INVOLVEMENT TERHADAP IMPULSIVE BUYING DENGAN SELF-CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MOTIVASI HEDONIS, GAYA HIDUP DAN FASHION INVOLVEMENT TERHADAP IMPULSIVE BUYING DENGAN SELF-CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNNES] PDF (PENGARUH MOTIVASI HEDONIS, GAYA HIDUP DAN FASHION INVOLVEMENT TERHADAP IMPULSIVE BUYING DENGAN SELF-CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNNES) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Motivasi Hedonis, Gaya Hidup, Fashion Involvement, Impulsive Buying, Self Control Perubahan pola berkonsumsi yang terjadi di masyarakat khususnya kalangan mahasiswa akibat dari perkembangan globalisasi menjadikan mahasiswa dalam kegiatan berkonsumsi menjadi impulsif. Terjadinya perilaku pembelian impulsif karena adanya dorongan, perubahan gaya hidup, mengikuti trend dan kurangnya pengendalian dalam diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi hedonis, gaya hidup, fashion involvement terhadap impulsive buying yang dimoderasi oleh self control. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES tahun 2018 yang berjumlah 1.028 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan total sampel 152 mahasiswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner (angket) melalui google form. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi berganda, dan selisih nilai mutlak. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan motivasi hedonis, gaya hidup, dan fashion involvement berpengaruh signifikan secara simultan terhadap impulsive buying pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES. Secara parsial motivasi hedonis, gaya hidup, dan fashion involvement berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying. Sedangkann variabel self control berpengaruh negatif signifikan terhadap impulsive buying. Variabel moderasi Self control berhasil memoderasi motivasi hedonis secara signifikan. Sedangkan gaya hidup dan fashion involvement tidak dapat dimoderasi oleh variabel moderasi self control. Penelitian ini mengungkap bahwa motivasi, gaya hidup dan fashion memiliki peran munculnya perilaku impulsif. Saran dalam penelitian ini meliputi (1) mengurangi kegiatan menghabiskan waktu untuk bepergian ke pusat perbelanjaan, (2) membuat daftar belanjaan sebelum pergi berbelanja, dan (3) mengurangi keterlibatan dalam dunia fashion.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Motivasi Hedonis, Gaya Hidup, Fashion Involvement, Impulsive Buying, Self Control
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 08 Sep 2021 03:59
Last Modified: 08 Sep 2021 03:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45735

Actions (login required)

View Item View Item