PERAN BURSA KERJA KHUSUS (BKK) DALAM MEMBANTU KETERSERAPAN KERJA LULUSAN DI SMK NEGERI 1 PURWODADI


Latifah Ain, NIM 7101416075 (2020) PERAN BURSA KERJA KHUSUS (BKK) DALAM MEMBANTU KETERSERAPAN KERJA LULUSAN DI SMK NEGERI 1 PURWODADI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN BURSA KERJA KHUSUS (BKK) DALAM MEMBANTU KETERSERAPAN KERJA LULUSAN DI SMK NEGERI 1 PURWODADI] PDF (PERAN BURSA KERJA KHUSUS (BKK) DALAM MEMBANTU KETERSERAPAN KERJA LULUSAN DI SMK NEGERI 1 PURWODADI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kata kunci: Bursa Kerja Khusus, Keterserapan Kerja, Peran. Bursa kerja khusus (BKK) penting untuk membantu keterserapan kerja lulusan suatu sekolah. BKK SMK Negeri 1 Purwodadi merupakan salah satu unit di bawah naungan Humas atau sering disebut Hubin (Hubungan Industri) yang juga menaungi kegiatan prakerin, dan LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi). SMK Negeri 1 Purwodadi sebagai SMK unggulan di Purwodadi dengan akreditasi A menjadi salah satu SMK favorit di Purwodadi. Dalam penelitian ini akan mengemukakan bagaimana peran bursa kerja khusus (BKK) dalam membantu keterserapan kerja lulusan di SMK Negeri 1 Purwodadi. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi awal, ditemukan peran BKK yang belum optimal ditunjukan dengan masih adanya lulusan belum terserap dunia kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran bursa kerja khusus (BKK) dalam membantu keterserapan kerja lulusan di SMK Negeri 1 Purwodadi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian diperoleh dari 19 informan terdiri atas Kepala Sekolah, Wakil Kepala Bidang Humas, Ketua BKK, Sekretaris BKK, Bendahara BKK, 14 Lulusan SMK Negeri 1 Purwodadi. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kepustakawan dan metode studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengetahui bahwa peran BKK meliputi pendaftaran dan pendataan pencari kerja yang telah menyelesaikan pendidikan atau pelatihannya, pendataan lowongan kesempatan kerja, pemberian bimbingan kepada pencari kerja lulusannya untuk mengetahui bakat, minat dan kemampuannya sesuai kebutuhan pengguna tenaga kerja atau untuk berusaha mandiri, penawaran kepada pengguna tenaga kerja mengenai persediaan tenaga kerja, pelaksanaan verifikasi sebagai tindak lanjut dari pengiriman dan penempatan yang telah dilakukan, pelaksanaan kegiatan pameran bursa kerja (job fair) dan kegiatan sejenisnya. Dari peran BKK tersebut ditemukan bahwa masih ada lulusan yang belum terserap di dunia kerja. Simpulan penelitian ini, peran BKK dalam membantu keterserapan kerja lulusan di SMK Negeri 1 Purwodadi telah sesuai dengan peraturan Binapenta No. Kep-1907/PPTK-PKK/X/2018. Saran bagi lulusan untuk berpartisipasi berperan aktif dalam pengisian data penelusuran lulusan, BKK SMK Negeri 1 Purwodadi untuk menjadikan pengisian penelusuran lulusan menjadi persyaratan dalam pengambilan ijazah, BKK untuk terus mengembangkan kerja sama dengan DU/DI, website BKK lebih diaktifkan lagi pemberian informasi ketenagakerjaan, sekolah untuk menambah staf BKK, dan sekolah perlu sosialisasi tentang peran BKK kepada orang tua siswa dan calon lulusan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Bursa Kerja Khusus, Keterserapan Kerja, Peran.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 08 Sep 2021 03:49
Last Modified: 08 Sep 2021 03:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45733

Actions (login required)

View Item View Item