PENGELOLAAN GUDANG GUNA MENUNJANG AKTIVITAS LOGISTIK PADA MASA COVID-19 DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Fety Mardiana, NIM 7101416065 (2021) PENGELOLAAN GUDANG GUNA MENUNJANG AKTIVITAS LOGISTIK PADA MASA COVID-19 DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGELOLAAN GUDANG GUNA MENUNJANG AKTIVITAS LOGISTIK PADA MASA COVID-19 DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG] PDF (PENGELOLAAN GUDANG GUNA MENUNJANG AKTIVITAS LOGISTIK PADA MASA COVID-19 DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: pengelolaan gudang, Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK BMN) Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang merupakan salah satu Fakultas terbaik dalam penataan gudang, hal itu dibuktikan dalam lomba BMN yang diselenggarakan UNNES pada bulan Desember 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan gudang di Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik gabungan antara purposive sampling dan snowball sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pengelolaan gudang terdiri dari pengadaan, penerimaan, pencatatan, penyimpanan, pengaturan, perawatan, pendistribusian sampai dengan penghapusan. Penggunaan SIMAK BMN dalam pencatatan merupakan salah satu langkah guna penatausahaan kegiataan pengelolaan gudang. Simpulan penelitian ini adalah proses pengelolaan gudang yang dilakukan Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang menggunakan pencatatan manual dan komputer yang terpusat di Universitas, dibawah naungan Kementrian Keuangan yaitu Sistem Informasi Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK BMN) hal ini sesuai dengan Permenkeu Republik Indonesia Nomor 171/PMK.05 tahun 2007 tentang sistem akutansi dan pelaporan keuangan pemerintah pusat. Penggunaan SIMAK BMN dalam pencatatan bertujuan untuk membantu dan mendukung proses pengadministrasian barang pada gudang. Dimana SIMAK BMN bekerja melalui beberapa tahapan. Tahapan tersebut dimulai dari input data manual berdasarkan catatan laopran barang dari petugas gudang hingga penyesuaian barang secara global dan terperinci pada tiap jenis barangnya. Rekonsiliasi barang ini dilakukan dengan membandingkan antara data manual dengan data di sistem .

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: pengelolaan gudang, Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK BMN)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 08 Sep 2021 03:41
Last Modified: 08 Sep 2021 03:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45732

Actions (login required)

View Item View Item