PENGARUH PAJAK DAERAH, RETRIBUSI DAERAH DAN PDRB TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KABUPATEN SEMARANG


Himmatul Afthina, 7101416035 (2020) PENGARUH PAJAK DAERAH, RETRIBUSI DAERAH DAN PDRB TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PAJAK DAERAH, RETRIBUSI DAERAH DAN PDRB TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KABUPATEN SEMARANG] PDF (PENGARUH PAJAK DAERAH, RETRIBUSI DAERAH DAN PDRB TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KABUPATEN SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Pajak daerah, Retribusi Daerah, PDRB ADHK 2010, Pendapatan Asli Daerah. Otonomi daerah menuntut pemerintah daerah agar mampu meningkatkan pendapatan asli daerah melalui pemaksimalan sumber daya untuk mengurangi ketergantungan terhadap dana dari pemerintah pusat. Pajak daerah, retribusi daerah, dan PDRB merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi realisasi penerimaan pendapatan asli daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pajak daerah, retribusi daerah dan produk domestik regional bruto atas dasar harga konstan 2010 (PDRB ADHK 2010) terhadap pendapatan asli daerah pada Pemerintah Kabupaten Semarang baik secara simultan atau parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh data statistik keuangan dan data PDRB ADHK 2010 Kabupaten Semarang tahun 2015-2018 sejumlah 48 data. Jumlah sampel berdasarkan sampel jenuh sebanyak 48 sampel data bulanan. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Teknik pengambilan data dilakukan dengan dokumentasi dengan memperoleh data dari Badan Pusat Statiktik Kabupaten Semarang dan Badan Keuangan Daerah Kabupaten Semarang. Metode analisis menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial pajak daerah berpengaruh signifikan positif terhadap pendapatan asli daerah; retribusi daerah berpengaruh signifikan positif terhadap pendapatan asli daerah; PDRB ADHK 2010 berpengaruh tidak signifikan negatif terhadap pendapatan asli daerah; dan secara simultan pajak daerah, retribusi daerah, dan PDRB ADHK 2010 berpengaruh signifikan positif terhadap pendapatan asli daerah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kenaikan pajak daerah dan retribusi daerah akan meningkatkan pendapatan asli daerah, sedangkan kenaikan PDB ADHK 2010 akan menurunkan pendapatan asli daerah. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah pemerintah perlu sosialisasi kepada masyarakat untuk menumbuhkan kepatuhan membayar pajak, pemungutan pajak yang efektif, pendataan para pelaku usaha yang usahanya menjadi objek pajak daerah untuk dilakukan pengawasan dan pembinaan sampai dapat menjadi wajib pajak, selain itu pengefektifan pembayaran serta layanan retribusi juga perlu dilakukan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pajak daerah, Retribusi Daerah, PDRB ADHK 2010, Pendapatan Asli Daerah.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 08 Sep 2021 03:17
Last Modified: 08 Sep 2021 03:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45724

Actions (login required)

View Item View Item