KINETIKA PERTUMBUHAN Chlorella pyrenoidosa DALAM MEDIA AIR DAN VINASSE


Fidyawati, 5213416027 (2020) KINETIKA PERTUMBUHAN Chlorella pyrenoidosa DALAM MEDIA AIR DAN VINASSE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KINETIKA PERTUMBUHAN Chlorella pyrenoidosa DALAM MEDIA AIR DAN VINASSE] PDF (KINETIKA PERTUMBUHAN Chlorella pyrenoidosa DALAM MEDIA AIR DAN VINASSE) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

C. pyrenoidosa merupakan mikroalga yang memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai bioenergi. Penggunaan nutrisi pada budidaya mikroalga dalam air dengan tambahan nutrisis guillard skala besar menyebabkan pembengkakan biaya operasional sehingga vinasse yang merupakan limbah kaya nutrisi seperti N, P, K, Fe dan Zn dapat digunakan sebagai alternatif media pertumbuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari laju pertumbuhan spesifik dan waktu penggandaan C. pyrenoidosa dalam media air dan vinasse. Budidaya C. pyrenoidosa menggunakan open mini pond pada skala laboratorium. C pyrenoidosa dibudidayakan dalam media air dengan tambahan nutrisi guillard 2 hari sekali serta vinasse dengan rasio 30% v/v tanpa penambahan nutrisi. Pencahayaan lampu 3280 lumen, dan aerasi menggunakan udara dengan kecepatan 3 liter/menit serta tekanan 0,015 MPa. Densitas optik C. pyrenoidosa diukur menggunakan spektrofotometer dengan panjang gelombang 570 nm pada jam 7 pagi dan jam 2 siang untuk mengamati pertumbuhannya. Data densitas optik yang diperoleh digunakan untuk mempelajari laju pertumbuhan spesifik dan waktu penggandaan. Perhitungan laju pertumbuhan spesifik dilakukan dengan metode curve-fitting. Laju pertumbuhan spesifik C. pyrenoidosa dalam media air lebih cepat dibanding vinasse, masing-masing 0,060/hari dan 0,026/hari, serta waktu penggandaan dalam media air lebih singkat yaitu 11,55 hari sedangkan media vinasse 26,25 hari. Berarti laju pertumbuhan C. pyrenoidosa dalam media air dengan penambahan nutrisi guillard lebih baik dibanding vinasse tanpa ditambah nutrisi. Oleh karena itu, pemanfaatan vinasse sebagai media pertumbuhan akan lebih baik bila ditambah nutrisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: C. pyrenoidosa, laju pertumbuhan, media air, media vinasse, waktu penggandaan
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 08 Sep 2021 03:05
Last Modified: 08 Sep 2021 03:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45722

Actions (login required)

View Item View Item