PEMELIHARAAN ARSIP DINAMIS DI BAGIAN SEKRETARIAT RUMAH SAKIT ROEMANI MUHAMMADIYAH KOTA SEMARANG


Dina Handayani, NIM 7101416029 (2021) PEMELIHARAAN ARSIP DINAMIS DI BAGIAN SEKRETARIAT RUMAH SAKIT ROEMANI MUHAMMADIYAH KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMELIHARAAN ARSIP DINAMIS DI BAGIAN SEKRETARIAT RUMAH SAKIT ROEMANI MUHAMMADIYAH KOTA SEMARANG] PDF (PEMELIHARAAN ARSIP DINAMIS DI BAGIAN SEKRETARIAT RUMAH SAKIT ROEMANI MUHAMMADIYAH KOTA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata kunci: Pemeliharaan Arsip, Arsip Dinamis, Pengelolaan Arsip Dinamis Pemeliharaan arsip dinamis penting dilakukan untuk menjaga keutuhan, keamanan dan keselamatan arsip baik fisik maupun informasi yang terkandung didalamnya karena arsip merupakan bukti dan rekaman dari suatu kegiatan. Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Kota Semarang memperoleh penghargaan prestasi dibidang pelayanan berupa “Service Excellent Award 2014 Category General Hospital (C Class) Semarang” dari Markplus. Pada tahun 2016 memperoleh sertifikat akreditasi versi 212 dengan predikat lulus paripurna dari KARS (hasil wawancara dengan Bapak Marheni kabag sekretariat Tahun 2020). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pemeliharaan arsip dinamis yang dilakukan oleh bagian sekretariat Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori Interaktif Miles dan Huberman (1984). Sumber data dalam peneliti ini adalah terdapat 7 informan. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam pelaksaan pemeliharaan arsip dinamis Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Kota Semarang sudah melakukan pemeliharaan arsip dinamis seperti menyediakan fasilitas pendingin ruangan air conditioner (AC) agar ruang penyimpanan arsip tetap kering, menyediakan pencahayaan lampu yang cukup terang bahkan sinar matahari dapat masuk, adanya ventilasi udara, adanya penggunaan racun serangga, adanya tindakan preventif seperti: larangan merokok dan membawa makanan bagi pegawai bagian lain, menjaga arsip tetap prima dengan cara menyimpan arsip dengan tempat memadai seperti filing cabinet dan odner, dan membersihkan Ruang penyimpanan arsip dan filing cabinet secara rutin. Simpulan dari penelitian ini yaitu pemeliharaan arsip dinamis mulai dari ruang penyimpanan arsip, penggunaan racun serangga, tindakan preventif, tempat dan letak arsip, dan kondisi arsip di bagian sekretariat Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Kota Semarang telah dilaksanakan sesuai dengan baik. Saran yang diberikan di bagian sekretariat RS Roemani Muhammadiyah Kota Semarang adalah menerapkan sistem penyimpanan secara komputerisasi, menetapkan peraturan serta sanksi tegas mengenai larangan makanan dan minuman bagi semua orang, dan sebaiknya RS Roemani Muhammadiyah menyediakan alat ukur kelembaban udara (hygrotermometer) di ruang penyimpanan arsip.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pemeliharaan Arsip, Arsip Dinamis, Pengelolaan Arsip Dinamis
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 08 Sep 2021 03:04
Last Modified: 08 Sep 2021 03:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45721

Actions (login required)

View Item View Item