PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT MENJADI SOCIOPRENEUR SISWA KELAS XII SMK ROUDLOTUL MUBTADIIN BALEKAMBANG,JEPARA


MUHAMMAD IMAM BAHRUDIN, NIM 7101415267 (2020) PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT MENJADI SOCIOPRENEUR SISWA KELAS XII SMK ROUDLOTUL MUBTADIIN BALEKAMBANG,JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT MENJADI SOCIOPRENEUR SISWA KELAS XII SMK ROUDLOTUL MUBTADIIN BALEKAMBANG,JEPARA] PDF (PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT MENJADI SOCIOPRENEUR SISWA KELAS XII SMK ROUDLOTUL MUBTADIIN BALEKAMBANG,JEPARA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Lingkungan Sosial, Pendidikan Kewirausahaan, Minat menjadi Sociopreneur. Minat menjadi sociopreneuradalah rasa suka atau ketertarikan lebih besar yang dimiliki oleh seorang individu untuk menjadiwirausahawan sosial (sociopreneur).Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh lingkungan sosial dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat menjadi sociopreneur. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui adakah pengaruh lingkungan sosial terhadap minat menjadi sociopreneur, 2) mengetahui adakah pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat menjadi sociopreneur, 3) mengetahuiadakah pengaruh lingkungan sosial dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat menjadi sociopreneur. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitaif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Roudlotul Mubtadiin Balekambang tahun 2020 berjumlah 146 siswa. Sampel penelitian ini adalah sejumlah 103 siswa dengan tingkat kesalahan 5%. Sampel diambil diambil dengan dengan teknik Cluster Sampling. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Teknik analisis data dengan teknik analisis deskriptifdan analisis regresidenganuji t, uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi sociopreneur. Pendidikan kewirausahaan berpengaruh terhadap minat menjadi sociopreneur sebesar 39,56 %. Lingkungan sosial dan pendidikan kewirausahaan berpengaruh terhadap minat menjadi sociopreneur sebesar 68,1 %. Saran yang diberikan peneliti diantaranya adalah 1) pihak sekolah hendaknya dapat memberi motivasi siswa dengan menambah sarana prasarana yang menunjang kegiatan praktik berwirausaha, 2) guru kewirausahaan diharapkan dapat menanamkan sikap dan perilaku wirausaha kepada siswa sejak saat ini, 3) siswa hendaknya dapat mengikuti semua kegiatan yang berkaitan dengan wirausaha baik agar tujuan pembentukkan karakter wirausaha dapat tercapai, 4) orangtua hendaknya memberikan dukungan kepada anaknya agar menjadi seorang wirausaha, sekaligus juga melatih anaknya mandiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Lingkungan Sosial, Pendidikan Kewirausahaan, Minat menjadi Sociopreneur.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 08 Sep 2021 02:48
Last Modified: 08 Sep 2021 02:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45717

Actions (login required)

View Item View Item