PERAN MOTIVASI BELAJAR MEMEDIASI PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI, DISIPLIN BELAJAR, SELF REGULATED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR


Ivan Abdul Rohman, NIM 7101415208 (2020) PERAN MOTIVASI BELAJAR MEMEDIASI PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI, DISIPLIN BELAJAR, SELF REGULATED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN MOTIVASI BELAJAR MEMEDIASI PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI, DISIPLIN BELAJAR, SELF REGULATED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR] PDF (PERAN MOTIVASI BELAJAR MEMEDIASI PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI, DISIPLIN BELAJAR, SELF REGULATED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Prestasi Belajar, Penggunaan Teknologi Informasi, Disiplin Belajar, Self Regulated Learning, Motivasi Belajar. Prestasi belajar merupakan sebuah hasil yang diperoleh peserta didik selama mengikuti proses pembelajaran, ditandai dengan perubahan perilaku dalam diri peserta didik, yang dapat diukur dan dinyatakan dalam bentuk skor atau nilai. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan teknologi informasi, disiplin belajar, dan self regulated learning terhadap prestasi belajar baik secara langsung maupun tidak langsung melalui motivasi belajar sebagai variabel mediasi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII jurusan AKL, OTKP, BDP di SMK Negeri 1 Demak berjumlah 257 peserta didik. Sampel penelitian sebanyak 257 yang diambil dengan teknik sampling jenuh dan tingkat kesalahan yang digunakan sebesar 5%. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, uji-t, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi informasi tidak signifikan berpengaruh terhadap motivasi belajar, namun memiliki pengaruh langsung sebesar 25,9% terhadap prestasi belajar. Disiplin belajar memiliki pengaruh langsung terhadap motivasi belajar sebesar 18%, namun tidak memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar. Self regulated learning memiliki pengaruh langsung terhadap motivasi belajar sebesar 57,2%, namun tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap prestasi belajar. Motivasi belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar. Motivasi belajar sebagai variabel mediasi tidak dapat berperan untuk memediasi pengaruh penggunaan teknologi informasi, disiplin belajar, self regulated learning terhadap prestasi belajar. Simpulan hasil penelitian ini adalah penggunaan teknologi informasi tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar, tetapi berpengaruh terhadap prestasi belajar. Disiplin belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar, tetapi tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar. Self regulated learning berpengaruh terhadap motivasi belajar, tetapi tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar. Penggunaan teknologi informasi, disiplin belajar, dan self regulated learning tidak memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar sebagai variabel mediasi. Sekolah diharapkan memberikan motivasi yang sesuai dengan tujuan program keahlian yang dipilih peserta didik agar dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Prestasi Belajar, Penggunaan Teknologi Informasi, Disiplin Belajar, Self Regulated Learning, Motivasi Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 08 Sep 2021 02:41
Last Modified: 08 Sep 2021 02:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45715

Actions (login required)

View Item View Item