PENGEMBANGAN MODUL FISIKA YANG DILENGKAPI APLIKASI ANDROID PADA MATERI MEDAN MAGNET DI SEKITAR KAWAT BERARUS


Yudhistira Yossa Adirajasa, 4201416081 (2021) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA YANG DILENGKAPI APLIKASI ANDROID PADA MATERI MEDAN MAGNET DI SEKITAR KAWAT BERARUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODUL FISIKA YANG DILENGKAPI APLIKASI ANDROID PADA MATERI MEDAN MAGNET DI SEKITAR KAWAT BERARUS] PDF (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA YANG DILENGKAPI APLIKASI ANDROID PADA MATERI MEDAN MAGNET DI SEKITAR KAWAT BERARUS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Materi medan magnet merupakan materi fisika yang abstrak dikarenakan objek yang tidak dapat dilihat. Media pembelajaran berupa modul yang dilengkapi aplikasi Android dapat digunakan sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar dan memvisualisasikan medan magnet. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul fisika yang dilengkapi aplikasi Android pada materi medan magnet di sekitar kawat berarus serta mengetahui kelayakan dari media yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Produk penelitian ini berupa modul pembelajaran fisika serta aplikasi android yang telah diujikan kepada ahli media, ahli materi, dan siswa. Metode pengambilan data pada penelitian ini menggunakan 3 metode yaitu metode angket, dokumentasi, dan wawancara. Metode pengolahan data menggunakan skala likert yang terdiri dari skor 1 sampai dengan 5. Hasil uji kelayakan modul memperoleh skor sebesar 88,89% yang berkategori sangat layak dan aplikasi Android memperoleh skor sebesar 90,53% yang masuk ke dalam kategori sangat layak. Berdasarkan skor dan kategori yang diperoleh maka modul pembelajaran fisika yang dilengkapi aplikasi Android dinyatakan layak untuk pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Modul, Android, Medan Magnet.
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 08 Sep 2021 02:38
Last Modified: 08 Sep 2021 02:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45713

Actions (login required)

View Item View Item