PENGGUNAAN ALAT PERAGA HUKUM PEMANTULAN CAHAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 LOSARI KABUPATEN CIREBON


Ditya Septiana, 4201416075 (2021) PENGGUNAAN ALAT PERAGA HUKUM PEMANTULAN CAHAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 LOSARI KABUPATEN CIREBON. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGGUNAAN ALAT PERAGA HUKUM PEMANTULAN CAHAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 LOSARI KABUPATEN CIREBON] PDF (PENGGUNAAN ALAT PERAGA HUKUM PEMANTULAN CAHAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 LOSARI KABUPATEN CIREBON) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pada umumnya, dalam pandangan siswa mata pelajaran fisika adalah mata pelajaran yang sulit, pandangan tersebut yang pada akhirnya memberikan sugesti buruk pada pemikiran siswa sehingga siswa tidak memiliki motivasi untuk belajar dan mengakibatkan hasil belajar siswa menurunt. Dalam penelitian ini peneliti menerapkan pembelajaran menggunakan alat peraga yang tujuannya adalah meningkatkan motivasi belajar siswa serta meningkatkan hasil belajarnya juga. Penelitian ini berlangsung secara daring dengan menggunakan sampel dua kelas XI MIPA SMA NEGERI 1 Losari Cirebon. Dalam penelitian ini digunakan penelitian quasi experiment, yang mana satu kelas sampel dijadikan kelas eksperimen dan satu lagi dijadikan kelas kontrol. Kelas dipilih secara purposive. Hasil dari penelitian ini untuk kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata pretest 54,8 dan posttest sebesar 79, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata pretest 53,2 dan posttest sebesar 61,6. Dengan menggunakan uji t signifikansi yang diperoleh sebesar 0,00. Berdasarkan data yang diperoleh, menunjukkan bahwa ketika siswa yang melakukan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga mengalami kenaikan hasil belajar, serta terdapat perbedaan dengan kelas kontol yang belajarnya menggunakan metode konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa yang belajar dengan menggunakan bantuan alat peraga memperoleh nilai akhir yang lebih besar daripada siswa yang belajar dengan metode konvensional

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Alat peraga, pemantulan cahaya, hasil belajar, motivasi belajar
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 08 Sep 2021 02:26
Last Modified: 08 Sep 2021 02:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45711

Actions (login required)

View Item View Item