PENGARUH PERSEPSI PROFESI GURU DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU MELALUI SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MODERASI
Resi Masdiyanti Pratiwi, NIM 7101415102 (2021) PENGARUH PERSEPSI PROFESI GURU DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU MELALUI SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGARUH PERSEPSI PROFESI GURU DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU MELALUI SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MODERASI)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Kata Kunci: Minat Menjadi Guru, Persepsi Profesi Guru, Lingkungan Keluarga, Self Efficacy Minat merupakan rasa ketertarikan seseorang terhadap suatu hal. Minat menjadi guru dalam lingkup mahasiswa kependidikan sangat dibutuhkan dalam menunjang profesinya untuk menjadi guru yang profesional. Minat dipengaruhi oleh beberapa faktor baik faktor intrinsik maupun ekstrinsik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis minat menjadi guru yang dimiliki oleh mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2016 berkaitan dengan peran self efficacy dalam memoderasi pengaruh persepsi profesi guru dan lingkungan keluarga. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang sejumlah 327 mahasiswa. Sampel penelitian ini ditetapkan dengan rumus Slovin sebanyak 180 mahasiswa yang diambil menggunakan teknik insidental sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis diskriptif dan regresi moderasi dengan uji selisih mutlak. Hasil penelitian analisis deskriptif menunjukkan bahwa persepsi profesi guru dan lingkungan keluarga berada dalam kategori baik. Self efficacy berada dalam kategori sangat tinggi. Minat menjadi guru berada dalam kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara persepsi profesi guru dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru. Terdapat pengaruh self efficacy dalam memperkuat hubungan positif persepsi profesi guru dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Berdasarkan hasil analisis, peneliti menyarankan agar mahasiswa lebih aktif dalam mencari informasi dan wawasan tentang profesi guru serta lebih meningkatkan tekad dan keyakinan diri bahwa ia mampu untuk berprofesi sebagai guru. Selain itu, untuk orang tua agar selalu memberikan dukungan dan motivasi kepada mahasiswa tanpa memaksakan kehendaknya kepada mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Minat Menjadi Guru, Persepsi Profesi Guru, Lingkungan Keluarga, Self Efficacy |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 08 Sep 2021 02:27 |
Last Modified: | 08 Sep 2021 02:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45710 |
Actions (login required)
View Item |