PENGEMBANGAN E-MODULE APLIKATIF UNTUK MEMPERKUAT PENGUASAAN MATERI FISIKA PADA KOMPETENSI KEAHLIAN DI SMK


Irfan Basyaruddin, 4201416064 (2021) PENGEMBANGAN E-MODULE APLIKATIF UNTUK MEMPERKUAT PENGUASAAN MATERI FISIKA PADA KOMPETENSI KEAHLIAN DI SMK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN E-MODULE APLIKATIF UNTUK MEMPERKUAT PENGUASAAN MATERI FISIKA PADA KOMPETENSI KEAHLIAN DI SMK] PDF (PENGEMBANGAN E-MODULE APLIKATIF UNTUK MEMPERKUAT PENGUASAAN MATERI FISIKA PADA KOMPETENSI KEAHLIAN DI SMK) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Fisika merupakan pelajaran pokok yang diberikan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) khususnya pada bidang teknologi dan rekayasa. Ilmu fisika mendasari ilmu-ilmu di semua kompetensi keahlian di SMK. Namun, dengan diterapkannya kurikulum 2013 pada jenjang pendidikan vokasi memberikan dampak pada berubahnya waktu pembelajaran fisika yang menjadi relatif lebih sempit. Hal ini ditambah dengan adanya pandemi covid-19 yang mengharuskan peserta didik harus belajar secara mandiri membuat guru mengalami kesulitan dalam penyampaian materi fisika secara keseluruhan dan mendalam. Oleh karena itu perlu dihadirkan bahan ajar yang dapat diakses oleh siswa kapan saja dan di mana saja serta dapat membantu siswa untuk dapat mempelajari konsep Fisika secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul elektronik atau Electronic Module (E-Module) aplikatif berbasis android sebagai suplemen dalam pembelajaran yang dapat digunakan oleh peserta didik secara mandiri. Metode yang digunakan adalah Research and Development (RnD). Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X TKR 2 dan X TKR 3 di SMK Muhammadiah Randublatung, penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa E-Module layak digunakan sebagai suplemen dalam pembelajaran dengan persentase kelayakan materi 84,72% dan persentase kelayakan media 95%. Hasil uji keterbacaan menunjukkan bahwa E-Module mudah dipahami oleh peserta didik dengan persentase 82%. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa E-Module mendapatkan respon baik dari peserta didik sebagai suplemen dalam pembelajaran dengan persentase 80,20%. Kesimpulan yang didapatkan adalah E-Module yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai suplemen dalam pembelajaran fisika di SMK.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-Module, android, SMK, gaya
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 08 Sep 2021 02:23
Last Modified: 08 Sep 2021 02:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45709

Actions (login required)

View Item View Item