PERAN STUDENT ENGAGEMENT DALAM MEMEDIASI MOTIVASI BERPRESTASI DAN REGULASI DIRI TERHADAP KOMPETENSI GLOBAL MAHASISWA IUP DEE UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Nur Annisa, NIM 7101415034 (2020) PERAN STUDENT ENGAGEMENT DALAM MEMEDIASI MOTIVASI BERPRESTASI DAN REGULASI DIRI TERHADAP KOMPETENSI GLOBAL MAHASISWA IUP DEE UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN STUDENT ENGAGEMENT DALAM MEMEDIASI MOTIVASI BERPRESTASI DAN REGULASI DIRI TERHADAP KOMPETENSI GLOBAL MAHASISWA IUP DEE UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG] PDF (PERAN STUDENT ENGAGEMENT DALAM MEMEDIASI MOTIVASI BERPRESTASI DAN REGULASI DIRI TERHADAP KOMPETENSI GLOBAL MAHASISWA IUP DEE UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Kompetensi Global, Motivasi Berprestasi, Regulasi Diri, Student Engagement. Era disruptif yang berjalan sangat cepat menuntut setiap orang untuk bergerak dan berubah lebih cepat dan kompetitif agar mampu bertahan dan bersaing di era ini. Mahasiswa IUP DEE harus memiliki kompetensi global agar mampu bersaing tidak hanya di tingkat lokal, tetapi juga tingkat global. Berdasarkan hasil observasi awal dari 20 mahasiswa, hanya 45% yang sadar akan isu-isu global terkini dan 75% mengetahui isu-isu dan budaya lain dari informasi yang saat itu sedang viral di sosial media. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi berprestasi dan regulasi diri terhadap kompetensi global mahasiswa melalui student engagement sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa IUP DEE Angkatan 2016-2019 yang berjumlah 235 mahasiswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik incidental sampling kepada 148 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis) Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kompetensi global dan motivasi berprestasi berada dalam kategori tinggi, regulasi diri dan student engagement berada dalam kategori baik. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) motivasi berprestasi tidak berpengaruh terhadap kompetensi global, (2) regulasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi global, (3) student engagement berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi global, (4) motivasi berprestasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap student engagement, (5) regulasi diri tidak berpengaruh terhadap student engagement, (6) student engagement memediasi secara positif dan signifikan pengaruh motivasi berprestasi terhadap kompetensi global, dan (7) student engagement tidak memediasi secara positif dan signifikan pengaruh regulasi diri terhadap kompetensi global. Simpulan dari penelitian ini adalah motivasi berprestasi tidak berpengaruh terhadap kompetensi global. Regulasi diri dan student engagement berpengaruh terhadap terhadap kompetensi global. Saran bagi mahasiswa IUP DEE yaitu diharapkan aktif dalam mencari dan mengikuti perlombaan baik tingkat nasional maupun internasional, menjaga kontrol diri, sehingga mampu mengelola perasaan impulsif, menjaga sikap dan tindakan, serta menjaga komitmen dalam melaksanakan tujuan. Meningkatkan keterlibatan dengan mengikuti seminar internasional, konferensi internasional, pertukaran mahasiswa, pelatihan bahasa asing oleh kampus ataupun luar kampus serta aktif mencari informasi global terkini melalui situs-situs resmi pemerintah dan portal berita terpercaya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kompetensi Global, Motivasi Berprestasi, Regulasi Diri, Student Engagement.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 08 Sep 2021 02:23
Last Modified: 08 Sep 2021 02:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45708

Actions (login required)

View Item View Item