IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU BINA AMAL (PENDEKATAN KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS)


Muhammad Pranangga Trahutomo, NIM 7101414380 (2021) IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU BINA AMAL (PENDEKATAN KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU BINA AMAL (PENDEKATAN KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS)] PDF (IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU BINA AMAL (PENDEKATAN KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kepemimpinan Demokratis, Kepemimpinan Kepala Sekolah. Kepala sekolah sebagai pemimpin harus dapat memimpin dan mengelola sekolah yang dipimpinnya, dengan berkembangnya ilmu tentang kepemimpinan maka kepala sekolah sebagai seorang pemimpin dapat mengimplementasikan teori yang ada kedalam proses kegiatan kepemimpinannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana implementasi kepemimpinan yang dilakukan oleh kepala sekolah (dengan pendekatan kepemimpinan demokratis), dan indikator keberhasilan dalam pelaksanaan kepemimpinan demokratis di Sekolah Menengah Islam Terpadu Bina Amal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sepuluh informan yang merupakan guru dan pegawai yang ada disekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur penelitian ini meliputi tahap sebelum di lapangan, tahap pekerjaan di lapangan, dan tahap analisis data. Analisis data dilakukan dengan model interaktif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, 1) implementasi kepemimpinan yang dilakukan kepala sekolah dengan menerapkan tugas kepala sekolah sesuai dengan peraturan dari pemerintah dinas pendidikan dan sesuai dengan teori yang ada. Implementasi kepemimpinan yang dilakukan kepala sekolah menunjukan adanya kepemimpinan secara demokratis meliputi, pembuatan rencana, pengambilan keputusan, pendelegasian tugas dan wewenang, komunikasi dalam organisasi; 2) Faktor penunjang keberhasilan dalam pelaksanaan kepemimpinan demokratis disekolah yaitu, organisasi berjalan lancar meskipun pemimpin tidak berada dikantor, otoritas didelegasikan kebawah, diutamakan tujuan-tujuan organisasi dan adanya rasa kerjasama pada setiap anggota organisasi, dan pemimpin berfungsi sebagai katalisator untuk mempercepat dinamisme dan kerjasama demi mencapai tujuan organisasi yang paling cocok dengan kelompok dan situasi. Simpulan penelitian ini yaitu dalam kepemimpinan yang dilakukan oleh kepala sekolah, terlihat ciri-ciri terjadinya kepemimpinan secara demokratis. Saran hasil penelitian ini yaitu agar kepala sekolah diharap tetap bisa berkreasi dan terus berkembang dalam menjalankan kegiatan kepemimpinan disekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kepemimpinan Demokratis, Kepemimpinan Kepala Sekolah.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 08 Sep 2021 02:15
Last Modified: 08 Sep 2021 02:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45706

Actions (login required)

View Item View Item