ANALISIS DAMPAK PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS ANDROID PADA MATERI GERAK PARABOLA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA


Istiqomah, 4201416056 (2021) ANALISIS DAMPAK PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS ANDROID PADA MATERI GERAK PARABOLA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS DAMPAK PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS ANDROID PADA MATERI GERAK PARABOLA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA] PDF (ANALISIS DAMPAK PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS ANDROID PADA MATERI GERAK PARABOLA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pada pertengahan Maret 2020, pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia. Sehingga pemerintah membuat kebijakan untuk mengubah pembelajaran di sekolah menjadi pembelajaran daring atau yang sering disebut dengan PJJ (pembelajaran jarak jauh). Pada kondisi seperti ini sikap kemandirian belajar siswa sangat diperlukan untuk keberhasilan proses pembelajaran. Upaya untuk meningkatkan sikap kemandirian belajar siswa dapat ditunjang dengan pemilihan bahan ajar yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa bahan ajar fisika berbasis Android pada materi gerak parabola. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang diadaptasi dari Robert Maribe Branch. Pengambilan data penelitian dilakukan di SMA Negeri 12 Semarang. Desain penelitian menggunakan one group pretest posttest dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas X MIPA. Bahan ajar yang telah dikembangkan selanjutnya diuji kelayakannya dengan angket kelayakan bahan ajar kepada validator ahli. Hasil uji kelayakan bahan ajar memperoleh skor 93,33%, hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar pendukung pada pembelajaran di SMA. Bahan ajar yang telah dikembangkan mendapatakan respon siswa 81,1% yang artinya siswa setuju dan bahan ajar layak. Analisis peningkatan kemandirian belajar siswa dilakukan dengan uji N-Gain dan mendapatkan hasil sebesar 0,35 dengan kriteria sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar berbasis Android, Gerak Parabola, Kemandirian Belajar.
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 08 Sep 2021 01:49
Last Modified: 08 Sep 2021 01:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45703

Actions (login required)

View Item View Item