PENGEMBANGAN COMPUTERIZED ADAPTIVE TEST (CAT) PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI


Husnul Khotimah, 4201416047 (2021) PENGEMBANGAN COMPUTERIZED ADAPTIVE TEST (CAT) PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN COMPUTERIZED ADAPTIVE TEST (CAT) PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI] PDF (PENGEMBANGAN COMPUTERIZED ADAPTIVE TEST (CAT) PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam evaluasi pembelajaran seperti Paper Based Testing (PBT) dan Computer Based Testing (CBT) yang mengabaikan kemampuan variasi individu menyebabkan informasi yang didapatkan kurang optimal. Selain itu, tuntutan pembelajaran secara daring semakin meningkat dengan bertambahnya zaman. Para ahli telah mengembangkan alat evaluasi pembelajaran yaitu Computerized Adaptive Test (CAT) untuk mengatasi permasalahan tersebut. Di Indonesia masih jarang menggunakan sistem CAT ini. Pada sistem CAT, butir soal yang diberikan kepada peserta tes disesuaikan dengan tingkat kemampuan peserta tes. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik alat evaluasi CAT pada topik soal getaran, gelombang dan bunyi serta dapat mengetahui profil hasil belajar siswa materi getaran, gelombang dan bunyi dengan menggunakan alat evaluasi CAT. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate. CAT yang dikembangkan berbasis website dan memiliki bank soal sebanyak 78 butir dengan topik soal getaran, gelombang dan bunyi. Hasil pengembangan yang didapatkan adalah Validitas instrumen mendapatkan skor validitas Aiken’s V dengan rata-rata 0.93 yang melebihi validitas minimal sebesar 0,87 dan dinyatakan valid. Validitas ahli media mendapatkan skor 86% dengan kategori sangat baik. Metode analisis soal menggunakan Item Response Theory (IRT) model logistik satu parameter (1 PL). Tingkat kesukaran soal yang didapatkan yaitu kategori mudah sebanyak 17 butir, sedang sebanyak 30 butir dan sukar sebanyak 31 butir. Hasil penelitian didapatkan kelayakan media CAT sebesar 74% dengan kategori baik. Didapatkan profil hasil belajar siswa materi getaran gelombang dan bunyi menggunakan CAT dengan rata-rata nilai 47,91 dikategorikan sedang sedikit di bawah rata-rata dari nilai maksimal 100. Tingkat kemampuan peserta tes dapat di estimasi hanya dengan 11- 23 butir soal yang mengakibatkan efisiensi waktu yang lebih baik dari PBT dan CBT. Terdapat hubungan antara skor menggunakan CAT dan skor tanpa menggunakan CAT secara positif dengan nilai korelasi rhitung sebesar 0,600192, nilai ini dapat ditafsirkan dengan tingkat hubungan yang kuat, apabila skor tanpa CAT tinggi maka skor yang didapatkan dengan CAT juga tinggi, begitu sebaliknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Computerized Adaptive Test (CAT), Getaran, Gelombang dan Bunyi
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 08 Sep 2021 01:46
Last Modified: 08 Sep 2021 01:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45701

Actions (login required)

View Item View Item