PENGEMBANGAN PERANGKAT PRAKTIKUM PELAYANGAN BUNYI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN VISUAL ANALYSER (VA)


Allia Sabbita, 4201415047 (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PRAKTIKUM PELAYANGAN BUNYI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN VISUAL ANALYSER (VA). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN PERANGKAT PRAKTIKUM PELAYANGAN BUNYI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN VISUAL ANALYSER (VA)] PDF (PENGEMBANGAN PERANGKAT PRAKTIKUM PELAYANGAN BUNYI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN VISUAL ANALYSER (VA)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Pemahaman sebagian besar mahasiswa Jurusan Fisika Universitas Negeri Semarang (UNNES) terhadap topik pelayangan bunyi masih relatif rendah. Hal ini disebabkan perkuliahan Gelombang untuk topik pelayangan bunyi tidak pernah dilakukan melalui metode pembelajaran eksperimen. Upaya peningkatan pemahaman mahasiswa fisika terhadap topik pelayangan bunyi dapat dilakukan melalui kegiatan eksperimen. Namun perangkat praktikum gelombang untuk topik pelayangan bunyi tidak tersedia di Laboratorium Fisika UNNES. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik perangkat praktikum gelombang untuk topik pelayangan bunyi, mengetahui kelayakan perangkat praktikum yang dikembangkan, dan mengetahui respons mahasiswa terhadap perangkat praktikum yang dikembangkan. Pengembangan perangkat praktikum menggunakan model Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE), namun hanya dilakukan hingga tahap development. Kelayakan perangkat praktikum dan respons mahasiswa terhadap perangkat praktikum diukur menggunakan angket dengan skala Likert. Perangkat praktikum yang dihasilkan penelitian ini terdiri dari alat praktikum, buku manual alat, dan modul praktikum. Alat praktikum yang dikembangkan berbantuan VA dengan karakteristik mampu membangkitkan, menampilkan, dan menganalisis gelombang serta menghasilkan data pelayangan bunyi secara kualitatif maupun kuantitatif. Alat praktikum ini dilengkapi dengan buku manual alat sebagai panduan pengoperasian alat praktikum. Modul praktikum yang dikembangkan berbasis inkuiri terbimbing dengan sintaks merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data, dan menyusun kesimpulan. Beradasarkan penilaian dua validator, secara keseluruhan perangkat praktikum memperoleh skor kelayakan sebesar 92,36 dengan kategori sangat layak. Alat praktikum, buku manual alat, dan modul praktikum memperoleh skor kelayakan berturut-turut sebesar 87,50, 93,75, dan 95,84 dengan kategori sangat layak. Respons mahasiswa terhadap perangkat praktikum secara keseluruhan memperoleh skor sebesar 86,75 dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: inkuiri terbimbing, pelayangan bunyi, perangkat praktikum, Visual Analyser
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 08 Sep 2021 01:43
Last Modified: 08 Sep 2021 01:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45700

Actions (login required)

View Item View Item